Tahun 2024 Pengangguran Bertambah, Antara HRD dan Kamu Harus Saling Menghargai


Kandidat memang membutuhkan pekerjaan, tetapi kita juga sebagai HRD Manager membutuhkan kandidat dan harus mencotohkan yang baik padahal anda adalah cerminan perusahaan. 

Bisa dibilang anda gagal memberi contoh sebagai HRD Manager dan gak punya Etika. Udah minta ini itu, tapi menghilang. Mari saling menghargai. HRD Manager menghargai kandidat atas waktu yang diluangkan dan ketertarikannya di perusahaan tersebut. Kandidat juga menghargai HRD Manager atas kesempatan yang diberikan.

 Cara kandidat menghargai HRD :

- melamar pada posisi lowongan kerja yang memang memenuhi kualifikasi.

- berikan nomor kontak yang jelas dan benar2 bisa dihubungi.

- datang tepat waktu sesuai jadwal interview, bahkan lebih baik lagi datang lebih cepat.

- gali informasi tentang perusahaan sebelum menghadiri undangan interview.

- berpakaian sopan dan rapi.


Cara HRD menghargai kandidat :

- informasikan kriteria kandidat yang jelas pada info lowongan kerja

- jangan mengundang interview kandidat yang sebenarnya tidak masuk kualifikasi

- tepat waktu dengan jadwal interview, jangan buat kandidat menunggu terlalu lama

- hindari meminta kandidat mengisi form data yang sebenarnya sudah diinfokan jelas pada CV, kecuali kandidat benar2 sudah dipastikan diterima.

- jangan menggantung kandidat, kalo diterima katakan diterima, kalo tidak diterima katakan tidak diterima.

Kandidat dan HRD sama2 saling membutuhkan. Kandidat butuh pekerjaan, HRD butuh orang untuk mengisi posisi yang kosong.

Dapat Undangan Interview Kerja dari Perusahaan? 

Gimana Cara Menjawabnya?

Jika perusahaan mengundang interview, penting bag kalian parai pelamar untuk merespons dengan sopan dan tepat waktu. Ini menunjukkan profesionalisme dan menghormati proses rekrutmen. Tanggapan yang cepat juga mencerminkan minat dan kesiapan kamu untuk posisi tersebut. Dengan begitu, kamu bisa memberikan kesan baik pada perusahaan, dan meningkatkan peluang lebih lanjut dalam seleksi.

Mungkin kalian masih ada yang bingung gimana cara respon jika mendapat panggilan interview kerja? Untuk contohnya kalian bisa cek di bawah ya 👇

Contoh 1

Halo [Nama Pemberi Undangan],

Terima kasih atas undangannya untuk interview di [Nama Perusahaan]. Saya sangat antusias dan siap untuk bertemu tim Anda. Saya setuju dengan jadwal yang telah ditentukan dan sangat berharap untuk berbicara lebih lanjut tentang peluang ini.

Salam hangat,

[Nama Anda]


Contoh 2

Halo [Nama Pemberi Undangan],

Saya sangat menghargai undangan interview dari [Nama Perusahaan]. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini. Saya akan hadir sesuai jadwal yang telah ditentukan. Saya menantikan kesempatan untuk bertemu dengan Anda dan tim.

Terima kasih dan salam,

[Nama Anda]


Contoh 3

Halo [Nama Pemberi Undangan],

Terima kasih banyak atas undangan interview. Saya sangat menghargai kesempatan ini. Saya akan hadir pada tanggal dan waktu yang telah disebutkan. Saya ingin bertanya apakah ada informasi tambahan yang perlu saya siapkan atau pertimbangkan sebelum interview?

Salam,

[Nama Anda]


Contoh 4

Halo [Nama Pemberi Undangan],

Saya sangat senang menerima undangan interview dari [Nama Perusahaan]. Terima kasih banyak atas kesempatan ini. Saya akan sangat senang hadir pada jadwal yang ditentukan dan berbicara lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat berkontribusi di [Nama Perusahaan].

Terima kasih dan salam,

[Nama A