Program Pemagangan Langkah Bakti Jasa Raharja 2024


Jasa Raharja (perusahaan asuransi) sebagai salah satu badan usaha milik negara didirikan pada tanggal 1 Januari 1965 berdasarkan Peraturan Pemerintah No.8 tahun 1965 dengan tugas pokok melaksanakan Undang-undang No.33 tahun 1954 untuk membantu para korban. kecelakaan angkutan darat, laut dan udara, serta Undang-undang Nomor 34 Tahun 1964 untuk membantu korban kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kendaraan bermotor, kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan atau lebih serta kecelakaan kereta api.  

Pada tahun 1970, pemerintah menaikkan status Jasa Raharja dari perusahaan negara menjadi perusahaan publik. Kemudian pada tahun 1980, berdasarkan Amanat Pemerintah No.39 Tahun 1980, status Jasa Raharja kembali diubah menjadi perusahaan persekutuan dengan nama PT Asuransi Kerugian Jasa Raharja.

Pada tahun 1978, Jasa Raharja bertanggung jawab untuk menerbitkan jaminan dalam bentuk surety bond. Tanggung jawab ini berakhir pada tahun 1994 seiring dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Perusahaan Asuransi, yang melarang setiap perusahaan asuransi yang telah menyelenggarakan program asuransi sosial untuk menyelenggarakan asuransi dalam bentuk lain.

Berdasarkan peraturan tersebut, terhitung tanggal 1 Januari 1994, Jasa Raharja melepaskan usaha tidak wajib dan surety bond untuk fokus pada program asuransi sosial yaitu menyelenggarakan. Dana Kewajiban Tanggung Jawab Kecelakaan Penumpang sebagaimana diatur dalam undang-undang.

LBJR (Langkah Bakti Jasa Raharja) merupakan Program Pemagangan yang diselenggarakan oleh PT Jasa Raharja bagi putra/i daerah setempat dalam rangka mendukung Program Pemerintah khususnya Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dalam mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia yang siap dan terampil untuk memasuki dunia kerja.

Saat ini perusahaan membuka kesempatan program pemagangan untuk Petugas Administrasi Bidang Samsat, Bidang Human Capital dan Bidang Sekretariat.

Persyaratan Umum

1. Putra/i daerah dan berdomisili di wilayah cabang setempat dan dibuktikan dengan KTP yg bersangkutan

2. Pria/Wanita Usia 17-23 tahun

3. Tidak memiliki orang tua atau saudara kandung yang masih aktif di PT Jasa Raharja

4. Lulusan SMA Sederajat l, D3 atau S1 Segala jurusan

5. ⁠IPK minimal 3.00 bagi calon peserta dari lulusan S1/D3 Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta 

6. Belum menikah dan Bersedia tidak menikah selama menjadi peserta maganh 

7. ⁠Menguasai operasional komputer minimal Ms. World dan Ms. Excel

Kelengkapan Administrasi 

1. Curriculum Vitae (CV) 

2. KTP/SIM

3. Ijazah pendidikan formal beserta transkrip nilai bagi calon lulusan D3/S1 dan juga Surat Keterangan Hasil Ujian Sekolah bagi Lulusan SMA Sederajat

4. Kartu Keluarga 

5. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian 

6. Foto terbaru dan juga foto full body terbaru

7. Surat Keterangan belum menikah dari Kelurahan 

8. ⁠Surat Pernyataan bersedia untuk tidak menikah selama proses magang dan juga Surat Pernyataan tidak memiliki Saudara kandung atau orangtua yang aktif belerja di PT Jasa Raharja 

9. ⁠Dokumen pendukung sepwrti sertifikat dan piagam penghargaan

Jika berminat untuk mengajukan diri sebagai peserta. Bisa mengunjungi laman berikut Klik Disini