Produk Sabun Nusantara Banyak Ekspor ke Luar Negeri Raup Untung Rp.73,19 Miliar

Sabun kini menjadi tren dan gaya hidup di berbagai negara. Selain digunakan untuk pemakaian rumah tangga juga digunakan untuk perawatan kesehatan hingga pewangi ruangan. 

Kualitas produk sabun Indonesia mendapatkan respon yang positif dari konsumen di Mesir. Dicatatkan Indonesia merupakan pamasok produk sabun terbesar kedua di negara Mesir setelah Malaysia.

Produk sabun Indonesia ternyata sangat dimintai oleh konsumen Mesir bahkan dinilai bersaing dari produk Asia lainnya salah satunya adalah Malaysia. Kementerian perdagangan melalui perwakilan perdagangan di Mesir terus memberikan dukungan dengan memfasilitasi produsen sabun Indonesia dalam memperluas pasar ekspor negara.

Dicatatkan pada periode Januari hingga Desember 2023 ekspor sabun Indonesia tercatat sebesar USD 4,48 juta dari toap impor Mesir sebesar USD 27,14 juta.

Konsumen mesir menyukai sabun Indonesia yang terbuat dari minyak nabati meskipun bea masuk impor ke negara tersebut lumayan tinggi. Hal ini juga menjadi inikasi peluang pasar di Mesir akan terus berkembang. 

Jenis sabun yang diimpor di Mesir dari Indoneisa dibagi dalam 2 kategori yaitu sabun batangan dan cair. Sabun batangan yang dikategorikan dengan kode HS 3401201090 seperti soap, paste dan form. Sabun cair dikategorikan dengan kode HS 3401190010 seperti soap, organic dan surface.