Memiliki Konsep Ramah Lingkungan dengan Standar Lisensi Dunia, PT Kaltim Amonium Nitrat Pertama di Indonesia


Kolaborasi antara PT Pupuk Kalimantan Timur dengan Dahana meresmikan Pabrik Amonium Nitrat BUMN pertama di Indonesia, PT Kaltim Amonium Nitrat (KAN), di kawasan Kaltim Industrial Estate (KIE) di Bontang, Kalimantan Timur. 

Pabrik KAN tersebut diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, Wiranto, PJ Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik pada Kamis, (29/02/2024).

Industri Amonium Nitrat ini merupakan yang pertama kali berdiri di Indonesia yang secara langsung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan juga didampingi oleh Erick Thohir dan juga Menteri Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia.

Pembangunan industri ini memiliki nilai investasi sebesar Rp. 1.184 Triliun yang mulai dikerjakan dimulai tahun 2020 Bersama PT. Dahana Investama Corp dan PT. Amonium Nitrat. Pembangunan industri ini juga didukung oleh perusahaan besar seperti Wika-Sedin.

Diperkirakan pabrik ini akan siap memproduksi 75.000 metrik ton Amonium Nitra per tahun  dan juga 60.000 metrik ton asam nitrat. 

Dengan konsep industri ramah lingkungan  dan desain. yang mengikuti standar kelas dunia yang sudah berlisensi yang dilengkapi teknologi ramah lingkungan dengan dilengkapi penggunaan Reaktor SCF ( selective catalytic reduction ) mengurangi emisi gas di lingkungan.