PT Gunung Raja Paksi Tbk Berfokus pada Implementasi K3 Industri Manufaktur Dihadiri oleh 200 Peserta

 

PT Gunung Raja Paksi Tbk telah menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memperingati bulan kesehatan dan peringatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan awarnes dan juga compliance diantara karyawan perusahaan GRP terhadap standar K3. 

Perusahaan GRP menyelenggarakan berbagai kegiatan, diantaranya adalah sesi tatap muka dengan sebutan Safetytalk yang telah dihadiri oleh 200 peserta termasuk diantaranya adalah anggota tim emergency, peserta responden dan juga preparedness perusahaan. sesi ini berfokus pada pembahasan implementasi aspek K3 di industri manufaktur terkhususnya penekanan pada industri lapangan kerja produksi baja.

Presiden Direktur GRP, Fedaus, menyampaikan komitmennya terhadap keselamatan dan kesehatan kerja, “Manajemen kami berkomitmen penuh untuk mendukung penerapan K3 di perusahaan. Lingkungan kerja yang disiplin, aman, dan produktif bagi karyawan adalah prioritas kami, dimana kami berharap hal ini dapat dicapai melalui kolaborasi seluruh pekerja untuk menciptakan ekosistem kerja yang aman dan sehat.”

Senior Manager QHSE GRP, Charis Afianto, menambahkan, “Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan aspek penting yang harus menjadi fokus utama setiap individu di tempat kerja. Kami percaya bahwa keselamatan bukan sekedar kebijakan, namun merupakan bagian dari budaya kerja yang harus tertanam dalam aktivitas sehari-hari.Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) yang benar dan konsisten, melakukan Safety Briefing sebelum memulai aktivitas kerja, dan melakukan audit berkala terkait penerapan aspek K3 sesuai standar operasional perusahaan merupakan langkah-langkah yang tidak hanya penting. namun juga merupakan tanggung jawab bersama untuk memastikan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi setiap karyawan.”

Setiap tahunnya, perusahaan berupaya meningkatkan aspek K3 dalam operasionalnya. Misalnya pada tahun 2023, GRP berhasil memperoleh sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), sebagai salah satu upaya memenuhi standar nasional terkait manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. Sertifikasi ini merupakan bukti komitmen perusahaan dalam meningkatkan kualitas operasional dan memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.

Keselamatan dan kesehatan kerja bukan sekedar tanggung jawab namun merupakan kebutuhan mutlak yang harus tertanam dalam budaya perusahaan. Dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional, GRP terus menegaskan kembali komitmennya dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan produktif bagi seluruh karyawan.