Apakah Perusahaanmu menerapkan Target KPI atau OKR ? Seperti apa perbedaan dan Penerapannya

KPI atau singkatan dari Key Performance Indicator adalah merupakan metrik yang digunakan untuk mengukur kinerja dan kemajuan terhadap tujuan yang telah ditetapkan. 

Tujuan dalam pekerjaan menjalankan adanya penilaian KPI ini adalah berfokus pada pengukuran kinerja dan kemajuan yang telah ditetapkan. Biasanya perusahaan yang menerapkan ini untuk melacak kinerja individu, tim atau departemen. 

Untuk fokus dalam penerapan KPI ini berpusat pada hasil dan metrik individual. KPI dalam suatu karyawan tentunya tidak sama dengan karyawan yang lainnya. 

Penggunaan penerapan KPI ini adalah untuk melacak kinerja secara berkala, biasanya bulanan atau Triwulanan. KPI dapat digunakan untuk memberikan umpan balik kepada karyawan, mengidentifikasi dan juga membuat keputusan tentang alokasi SDM yang ada dalam suatu organisasi pekerjaan. 

Sedangkan untuk OKR atau singkatan dari Objectives and Key Result merupakan kerangka kerja untuk menetapkan tujuan ambisius dan melacak kemajuannya. 

Untuk tujuan dari penerapan OKR ini adalah berfokus pada penetapan tujuan ambisius dan melacak kemajuannya. OKR biasanya digunakan untuk menetapkan tujuan kolektif untuk seluruh organisasi. 

Yang menjadi fokus dalam OKR ini adalah tujuan kolektif dan hasil utama yang dan hasil utama yang berkontribusi pada tujuan tersebut. OKR lebih mengedepankan kualitatif daripada KPI. 

Penggunaan OKR ini digunakan untuk menetapkan dan melacak tujuan secara bulanan atau juga Triwulanan. OKR ini dapat membantu organisasi untuk tetap fokus pada prioritasnya, menyelaraskan upaya karyawan untuk mencapai tujuannya. 

Dalam contoh penerapan prinsip OKR ini dalam sebuah perusahaan yang adalah meluncurkan produk baru, meningkatkan retensi pelanggan dan memasuki pasar baru.