10 Bidang Keahlian Utama dalam Industri FMCG, Apakah Fashionmu Disini?

 

Istilah FMCG adalah industri barang yang bergerak dengan cepat dan terjual cepat dengan harga yang relatif murah. Biasanya untuk produk yang dihasilkan disini adalah produk kebutuhan sehari hari. Contoh barang konsumen yang bergerak cepat adalah barang-barang seperti minuman ringan, kosmetik perawatan tubuh, dan barang kelontong. 

 1.  Sales dan Marketing

Bidang keahlian ini sangat krusial dalam industri FMCG yang mencakup memiliki kemampuan analisis pasar yang baik, memposisikan produksi, strategi harga hingga promosi kepada konsumen.

 2.  Data Analysis 

Bidang ini merupakan kemampuan untuk menganalisa market data, baik angka angka penjualan perusahaan dan perkembangan costumer. Termasuk didalamnya kemampuan menggunakan tools seperti Excel, sistem ERP dan juga software-software data visualization demi menganalisa dan mengambil keputusan yang akurat terhadap perusahaan. 

 3.  Supply Chain Management

 Dalam hal ini Divisi supply Chain Management menguasai proses-proses supply chain, logistic dan inventory management sangatlah dibutuhkan dalam posisi ini. Termasuk demand forecasting, penggunaan material, planning produk yang dihasilkan perusahaan hingga menjaga hubungan baik dengan vendor yang sudah bekerjasama.

 4.  Manufacturing Operation 

Penguasaan dalam berbagai jenis proses manufacturing sangat diperlukan di industri FMCG bahkan bisa dibilang sangat krusial karena didalamnya mencakup batch processing, assembly line production, engineering, repair dan maintenance hingga ke continious improvement, methodologies pastinya harus dikuasai dalam skill ini. 

 5.  Product Development

 Industri FMCG sangat memerlukan profesional yang memahami betul pengembangan produk. Termasuk didalamnya market research, konsep-konsep development, formulasi, desain packaging, product testing dan mengenai launching produk-produk baru.

 6.  Retail Operation

 Pengetahuan mengenai operasi ritel dan juga merchandising sangat penting dalam industri FMCG terutama dalam shelf placement, product displays, manajemen inventory dan juga kemampuan bekerjasama serta menjaga hubungan dengan retail partner demi memastikan product availability. 

 7.  Financial Analysis

 Keahlian analisa finansial, budgeting dan juga manajemen biaya (cost management), sangat penting dalam industri FMCG karena ini mencakup budget planning, finansial forecasting, analyzing pricing models, profitability Analysis hingga cost saving oportunities.

 8.  Trade & Channel Management

 Kepahaman di trade promotions, negotiation skills, dan memelihara hubungan baik dengan distributor, wholesaler, dan retailer sangat kritikal dalam industri FMCG.

 9.  Quality Assurance

Pengetahuan mengenai produk quality control, peraturan pemerintah, product safety, dan pemenuhan standard sangat krusial dalam industri FMCG terutama dalam industri food and beverage juga dalam industri personal care.

10. E-commerce dan Digital Marketing

Terpenting dalam era digital dan media sosial sekarang ini, ditengah pesatnya pertumbuhan online retail dan digital marketing, maka keahlian di e-commerce, digital advertising, sosial media marketing dan strategi online sales menjadi sangat krusial untuk industri FMCG.