UMKM Pendongkrak Ekonomi Suatu Negara, Bagaimana bisa bersaing ditengah ekonomi yang serba digital?

 


UMKM adalah salah satu pendongkrak ekonomi suatu negara. Namun dibalik itu ada tantangan yang akan dihadapi oleh pengusaha UMKM agar bisa bertahan di tengah digital yang sudah mendunia.

Sebentar lagi kita akan menghadapi ekonomi digital yang nilainya sangat tinggi pada tahun 2025. Indonesia dinilai memiliki jumlah UMKM tertinggi di kawasan ASEAN.

UMKM juga dituntut untuk terus siap beradaptasi terhadap perubahan zaman. Berikut adalah 5 kriteria yang wajib dimiliki supaya UMKM bisa lebih bersaing dengan yang lain ditengah Zaman yang serba digital.

Untuk yang pertama adalah memiliki legalitas usaha yang lengkap. Diperkirakan di masa depan sangatlah penting dalam memiliki legalitas usaha yang lengkap dengan tujuan supaya bisa mengakses berbagai peluang pembiayaan dan juga pengembangan usaha.

Dengan adanya legalitas sebuah usaha tersebut akan memberikan jaminan bagi UMKM untuk bisa melakukan kerjasama bisnis yang lebih besar lagi di kemudian harinya.

Dalam hal apapun ilmu pengetahuan dan teknologi yang menciptakan perubahan adalah suatu proses pembaharuan yang penting. UMKM masa depan harus dapat mengolah ilmu pengetahuan dan riset berbasis data untuk melahirkan inovasi. 

Tujuan dari inovasi tersebut adalah untuk mengembangkan usahanya. Caranya bisa melakukan penelitian tersendiri, ataupun bisa dengan kolaborasi dengan perguruan tinggi dan juga kelompok peneliti yang bisa berpotensi mengembangkan usaha UMKM.

Selanjutnya adalah penggunaan teknologi digital dalam seluruh kegiatan usaha dengan optimal. Dengan perkembangan ilmu digital yang sangat pesat ini mampu memberikan kontribusi besar bagi pengembangan usaha UMKM supaya berjalan dengan optimal.

Permasalahan sosial dalam lingkungan masyarakat ikut juga perhatian dari para UMKM. Bisnis saat ini harus dijadikan sebagai bisnis model oleh UMKM. Jadi tidak hanya sekedar mencari keuntungan. Tapi, UMKM justru jadi pemimpin pemberdayaan di tengah-tengah masyarakat.

Yang terakhir adalah dengan melibatkan jejaring dan membangun kolaborasi. UMKM dalam masa depan akan semakin mudah menemukan peluang pengembangan usaha barunya. Mengakses berbagai sumber informasi dan teknologi terkini hingga memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat.