Pendaftaran CPNS 2023 Kembali Dibuka Kementerian Apa Saja ? Tips Belajar Lolos CPNS 2023

Proses rekrutmen CPNS tahun 2023 akan dibuka September 2023. Dengan status kepegawaian hanya dibagi menjadi 2 yaitu PNS dan PPPK. Dalam proses rekrutmen ini akan difokuskan kepada tenaga guru dan juga kesehatan. 

Selanjutnya untuk profesi CPNS Menteri Anas menekankan prioritas pemerintah dalam memenuhi kebutuhan profesi khusus termasuk diantaranya adalah Hakim, Jaksa, Dosen, Tenaga Teknis dan juga Talenta Digital. 

Bagi anda yang lulusan SMA/SMK jangan khawatir dikarenakan akan dibuka khusus untuk lulusan ini, jika anda berminat setidaknya ada 19 formasi yang akan dibuka diantaranya adalah: 

1. Kejaksaan Agung RI dengan formasi yang dibuka adalah Pengadministrasian Penanganan Perkara

2. Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup dengan Formasi yang dibuka adalah Pengendali Ekosistem.

3. Badan SAR Nasional (BASARNAS) Diantaranya adalah , Nahkoda Kapal, Mualim, Masinis, Markonis, Kelasi, Juru Mudi dan Juru Minyak.

4. Kementerian Pertanian dengan formasi yang dibuka adalah, Paramedik Karantina Hewan, Pemeriksa Karantina Tumbuhan, Teknisi Penelitian dan Perekayasaan dan Pengelola Instalasi Ternak.

5. Kementerian Perhubungan dengan Formasi yang dibuka adalah, Teknisi Sarana dan Prasarana, Penguji Kendaraan Bermotor, Teknisi Listrik dan Jarak, Teknisi Peralatan Listrik dan Elektronik, Teknisi Penelitian dan Perekayasaan, Penerbang. 

Formasi tersebut bisa diisi oleh lulusan SMA sederajat. 

Tips penting bagi anda untuk bisa diterima dan lolos CPNS adalah dengan cara membuat jadwal belajar dalam mingguan, 2 hari fokus untuk belajar Tes Kemampuan Potensial, 2 hari untuk fokus Tes Inteligen Umum, 2 hari untuk Tes Wawasan Kebangsaan dan 1 harinya untuk Try out. 

Beberapa Tips yang bisa anda terapkan sebelum tes CPNS 2023 berlangsung dengan mempersiapkan diri dengan cara : 


Pelajari dulu setiap materinya yang akan diuji nantinya sebelum mengerjakan soal Try Out. Anda bisa mendapatkan materi melalui media sosial ataupun dengan bantuan yang ahli dalam bidang materinya. 

Supaya tujuannya lebih fokus dengan latihan soal dengan serius anda bisa menggunakan timer saat mengerjakan soal dan juga tanpa materi. Anggaplah anda mengerjakan soal tes seperti kenyataan. 

Carilah pembahasan dan kembangkanlah materi dan soal yang dikerjakan dengan soal yang sama namun beda konsep. Anda bisa mendapatkan materinya dari jawaban yang disediakan. Namun satu hal yang pasti dalam hal rekrutmen CPNS lebih berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila.