Ini Tema dan Makna Logo HUT RI ke-78 Serta Panduan Penggunaannya


Sebentar lagi Indonesia akan merayakan pesta rakyat  HUT ke-78 RI, hari yang merupakan perayaan besar bagi semua rakyat Indonesia. 

Berbagai perayaan akan dilakukan seperti Upacara pembacaan teks proklamasi hingga dekorasi di berbagai sudut negeri dihiasi dengan warna merah putih.  

Pemerintah melalui Sekretariat Presiden memperkenalkan logo resmi peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia. Logo berupa angka 78 dengan tema besar “Terus Maju Indonesia Maju”. 

Logo tersebut adalah perpaduan angka tujuh yang memiliki warna dasar merah dan angka delapan yang terbentuk dari 5 garis yang berwarna merah.  Adapun konsep visual logo Hari Kemerdekaan RI ke-78 yakni:  

1. Estafet yang merupakan garis padat horizontal-tongkat estafet yang bermakna teruskan, selaknyanya dengan tongkat estafet yang biasanya didapatkan dalam sebuah olimpiade yang menyatakan melanjutkan dan konsep ini menyatakan untuk melanjutkan perjuangan gotong royang antara rakyat dengan pemerintah menuju Indonesia Maju. 

2. Terus Melaju & Pancasila Cita-cita bangsa Indonesia yang ingin maju yang selalu digaungkan oleh pemerintah besama-sama dengan rakyat mengemban tugas bersma. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia adalah arti dari garis lima pada logo yang merupakan Pancasila sebagai landasan bernegara dan menuju proses melaju.

3. Tanggung Jawab Bersama  Perpaduan antara garis padat dan garis-garis merupakan tanggung jawab Bersama yang melambangkan bentuk yang solid dengan tujuan bangsa Indonesia yang sama yang tertuju pada Semboyan Bhineka Tunggal Ika.

4. Keberlanjutan Pencapaian bangsa Indonesia tidak berhenti disini saja. Makna garis yang tidak terputus melambangkan perjuangan yang melibatkan semua elemen masyarakat hingga pemerintah bekerjasama dan bergotong-royong menuju cita-cita Indonesia MAju. 

5. Globalisasi Bentuk bulat pada logo yang ditampilkan dalam angka 8 adalah mempresentasikan pola pikir yang mendunia. Pembangunan Sumberdaya Alam oelh Sumberdaya Manusia yang bisa bersaing di dunia.

Perlu diperhatikan dalam pengaplikasian logo HUT RI ke-78 ini adalah dilarang meletakkan logo pada area yang rami, meletakkkan logo pada area foto yang tidak kontras. Dilarang mengubah orientasi logo selain horizontal, mengubah proporsi logo dan juga mengubah komposisi warna logo. 

Dilarang merubah warna logo diluar palet berwarna, menampilkan efek bayangan pada logo, menampilkan logo dalam bentuk garis, mengubah kompoisi logo, mengubah warna foto menjadi gradasi dan dilarang mengubah jenis huruf pada logo.