Pemerintah bakal Mempersulit Pengadaan Penggunaan BBM dan Beralih ke EV Baterai

 

EV Baterai atau Electrick Vehicle adalah kendaraan yang menggunakan tenaga listrik untuk bergerak. Salah satu komponen penting dalam EV adalah baterai yang berfungsi sebagai penyimpan energi listrik yang kemudian digunakan untuk menggerakkan kendaraan. 

Baterai EV biasanya menggunakan baterai lithium-ion sebagai teknologi umum yang sedang digunakan saat ini dalam kendaraan listrik.

EV Baterai ini telah banyak yang mulai tertarik menanam investasi di Indonesia seperti China dan Indonesia dikarenakan pertumbuhan akan kendaraan listrik yang kian hari makin naik.

Beberapa dari perusahaan China dan perusahaan Indonesia telah berkolaborasi dalam membuka produksi baterai ini seperti Contemporary Amperex Technology co. Limited dan juga bekerja sama dengan PT Antam yang telah menggarap proyek dragon.

Dikabarkan dalam waktu dekat ini Indonesia akan dibatasi kendaraan BBM dibatasi dan pemerintah mendorong menggunakan kendaraan listrik berbasis EV baterai di dalam negeri.

Pemerintah melalui Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebutkan bahwasanya pemerintah akan membatasi dengan kata lain akan mempersulit kendaraan berbahan bakar fosil dan dilakukan secara bertahap.

Ini adalah sebuah langkah maju Indonesia yang menjadikan baterai dalam energi kendaraan menjadi prioritas produksi. Penggabungan perusahaan plat merah dalam membentuk perusahaan raksasa baterai yang menjadi bahan energi kendaraan listrik.