Fresh graduate Berkesempatan Mendapatkan Pekerjaan Dunia Galangan Kapal, Simak Selengkapnya

 

Fresh graduate jika kamu tertarik dalam dunia industri galangan kapal yang memiliki pengalaman berbeda dan penuh tantangan. Disini sedikit ulasan mengenai pekerjaan dan posisi yang ada dalam galangan kapal yang bisa diisi oleh lulusan baru.

Beberapa peran penting yang bisa diisi oleh fresh graduate disini adalah tidak serta-merta hanya skill rata-rata tetapi juga membutuhkan skill yang mumpuni.

Engineering adalah posisi yang diisi oleh calon yang memiliki pemahaman yang kuat tentang teknik dan juga desain kapal. Disini ditugaskan untuk membuat perencanaan, pengembangan dan juga desain struktur kapal.

Beberapa skill dalam engineering ini yang paling dibutuhkan adalah pemodelan 3D, permograman, pemahaman material, dan juga pengetahuan tentang teknologi terbaru di bidang galangan kapal.

Selain Engineering juga membutuhkan Produksi. Posisi sebagai production akan terlibat langsung dalam pembangunan dan manufaktur kapal. Skill yang dibutuhkan dalam posisi ini adalah manajemen waktu, pemahaman tentang produksi, kualitas dan juga pemecahan masalah.

Quality Control atau yang bertugas untuk menentukan kualitas produksi yang disediakan oleh perusahaan termasuk pengujian material pemahaman mendalam mengenai aturan dan standar yang berlaku.

Selanjutnya adalah project manager yang dibutuhkan dalam galangan kapal. Posisi ini bisa terbuka dari lulusan baru hingga berpengalaman. 

Posisi ini biasanya bertanggung jawab atas perencanaan, pengorganisasian dan juga pengawasan proyek kapal. Skill yang dibutuhkan dalam posisi ini adalah menejemen proyek, kepemimpinan kemampuan dalam mengambil keputusan dan juga koordinasi tim.

PPC atau Production Planning and Control merupakan posisi yang bertugas untuk merencanakan dan juga mengawasi jalannya kapal. Posisi ini membutuhkan pengetahuan tentang perencanaan produksi, pengawasan terhadap material serta kemampuan dalam menggunakan sistem manajemen produksi modern.

Selanjutnya adalah posisi Cost Estimator yang bertanggung jawab untuk menghitung estimasi biaya kapal. Skill yang dibutuhkan dalam posisi ini adalah Teknik perhitungan biaya, Analisis Data, serta pengetahuan mendalam tentang harga bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam produksi kapal.

Supply Chain Management adalah posisi yang bisa anda masukkan walaupun status masih seorang lulusan baru. Posisi ini melibatkan pengelolaan logistik, persediaan, dan pengiriman material yang dibutuhkan dalam pembangunan kapal. 

Disini dituntut mengetahui tentang manajemen rantai pasok,  negosiasi, pemantauan persediaan serta kemampuan dalam komunikasi hubungan dengan pemasok.

Marketing dan Bussines Development adalah posisi yang bertugas membuka peluang baru hingga pemasaran produk. Dalam posisi ini dituntut memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk mempromosikan kapal yang dibangun

Semua posisi diatas membutuhkan semangat belajar dan kemauan terus berkembang. Jangan lupa untuk selalu upgrade skill dan pengetahuan menghadapi perkembangan teknologi dan juga kebutuhan tenaga industri terkhusus dalam galangan kapal.