Pesona Alam Banda Neira Disebut Pulau Kepingan Surga dari Timur

Banda Neira atau Banda Naira adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda yang merupakan pusat adminiidi Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Secara administrasi Banda Neira terdiri dari 6 desa yaitu Dwiwarna, Kampung Baru, Merdeka, Nusantara, Rajawali dan Tanah Rata 

Sejak abad ke-19 Banda Neira merupakan pusat perdagangan pala dan Fuli yang sejak saat itu harganya sangat tinggi. Melalui VOC telah mendirikan sebuah kota modern disana dan memperbudak warga lokal untuk dapat memperoleh pala pada tahun ,1962  yang kemudian dibawa ke Batavia (Jakarta).

Banda adalah merupakan salah satu pulau yang terbentuk akibat dari letusan gunung berapi yang berada di kepulauan Banda, Maluku. 

Pulau Banda Neira ini memiliki jumlah penduduk sebesar 14.000 orang. Banda Neira memiliki panorama alam laut biru berpadu dengan gugusan pulau dan gunung yang ditambahkan dengan panorama bawah lautnya yang sangat menakjubkan.

Pulau Banda Neira ini memiliki sejumlah wisata alam yang menarik yang wajib dikunjungi. Termasuk Gunung Api Panda yang bisa disebut ikon dari keberadaan pulau Banda Neira ini. Berada di ketinggian 656 mdpl dan statusnya masih aktif.

Spot yang terkenal wisata Banda Neira adalah Lava Spot. Disebut lava spot dikarenakan terumbu karang yang terbentuk dari aliran lava gunung Banda meletus. 

Dengan penawaran spot terumbu karang dan beranekaragam jenis ikan menjadi spot ini manjadi daya tarik wisatawan. Memiliki beberapa pulau yang indah dan menakjubkan seperti Pulau Naika dan Pulau Hatta, di pulau ini anda bisa mencoba mengeksplore dunia bawah laut yang elok. 

Selain alam yang memukau yang ditawarkan oleh Banda Neira juga memiliki jejak sejarah seperti Benteng Belgiaca, Istana Mini Neira,  Rumah Budaya Neira dan juga rumah pengasingan Bung Hatta menjadi daya tarik tersendiri dari keberadaan pulau Banda Neira