Keren! Indonesia Memiliki Sejumlah UMKM Terbesar Se-Asia Tenggara Menyumbang Tenaga Kerja Hingga 97%


UMKM Usaha Mikro Kecil dan Menengah adalah jenis usaha yang dikelola oleh kelompok kecil termasuk didalamnya adalah pengusaha sendiri. 

UMKM berpengaruh besar terhadap kemajuan ekonomi suatu negara dan seringkali sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi yang signifikan. 

Menurut data Investment Report tahun 2022 melaporkan bahwa Indonesia dengan jumlah peserta UMKM jauh lebih besar dibandingkan dengan negara-negara ASEAN yaitu sekitar 65,46 juta unit. Jumlah yang tidak sedikit ini bisa  memenangkan persaingan pasar global khususnya ASEAN. 

Ini memberikan dampak yang positif bagi peningkatan perekonomian Indonesia, sehingga Indonesia memiliki potensi juga untuk memimpin pasar global, terutama di negara-negara Asia Tenggara.

DalamDalam sisi ketenagakerjaan UMKM ini mampu menyerap lapangan kerja sebesar 97% dan merupakan yang tertinggi se-ASEAN disusul Thailand sebesar 85% dan Laos sebesar 82%. 

Dalam hal ini menteri Menkopolhukam membuat program untuk meningkatkan produksi dan juga digitalisasi ekspor. Mengingat potensi Indonesia yang merujuk memiliki banyak UMKM yang berpotensi besar memenangkan persaingan pasar global. 

waktu dekat, Kementerian Koperasi Usaha Kecil Menengah akan ikut serta berperan aktif dalam pengembangan UMKM ASEAN, yaitu dengan menjadi tuan rumah "The 6th Inclusive Business (IB) Summit" yang akan berlangsung dilaksanakan di Bali pada bulan Agustus yang akan datang.