Kementerian PUPR Bangun Taman Sains & Teknologi Herbal Holtikultura Pollung Telah Rampung

Kementerian Kementerian Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang PUPR terus berupaya mendukung serta mengembangkan dalam persiapan lumbung pangan di berbagai daerah. 

Termasuk pembangunan Food Estate yang sudah selesai dibangun yang berlokasi di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara yang akan dijadikan sebagai lumbung pangan Indonesia. 

Dukungan pemerintah ini diberikan kepada masyarakat melalui galakkan pembangunan yang sudah dilakukan yaitu Pembangunan Taman Sains Teknologi Herbal & Holtikultura yang berlokasi di Kecamatan Pollung.  

Pembangunan food estate ini dibangun di lahan seluas 15 ha. Pembangunan dibagi dalam beberapa tahapan. Tahapan dasar dimulai dari gedung riset pertanian, gedung riset herbal 1 unit, smart green house 1 unit serta 3 unit screen house. 

Pembangunan gedung selanjutnya adalah gedung rumah kontrol pertanian, 2 unit gedung mess karyawan, gedung utilitas riset, gardu listrik, lab IPA, reservoir, rumah jaga, Infrastruktur kawasan, pagar keliling dan sebagian vegetasi pada kawasan TSTH2. 

Kementerian PUPR juga membangun fasilitas Taman Sains Teknologi Herbal dan Holtikultura (TSTH2) Pollung digunakan untuk tempat riset penelitian dan juga inovasi pengembangan herbal dan juga holtikultura. 

Salah satunya untuk menghasilkan bibit lokal yang unggul untuk mendukung program lumbung pangan di propinsi Sumatera Utara. Pembangunan lumbung pangan ini telah dimulai dibangun mulai tahun 2021 dan telah rampung di April 2023.