KCJB Merah dan Kuning untuk penumpang serta Fasilitas Lengkap yang Disediakan Konsep Terbarukan


Dalam tampilan kereta api cepat Jakarta Bandung memiliki perbedaan dari segi tampilan warna. Dalam pengoperasiannya tersebut menampilkan warna merah dan kuning. Ternyata diketahui ada tujuan dari warna tersebut saat pengoperasiannya.

Fungsi warna merah dan Kuning ini dijadikan sebagai tolak ukur serta fungsi yang berbeda. Merah pada KCJB ini merupakan Electric Multiple Unit. Disebut sebagai julukan red komodo bertugas untuk mengangkut penumpang saat beroperasi. 
Sedangkan dalam warna kuning dalam KCJB ini merupakan Chompherensive Inpection Train. Adapun fungsi dari kereta berwarna kuning ini bukanlah untuk mengangkut penumpang namun memastikan kesiapan kondisi rel, sistem kelistrikan dan juga berlaku sebagai maintenance dalam operasional KCJB. 

Mengingat Kereta Cepat Jakarta Bandung ini belum beroperasi, kereta kuning bekerja sebagai monitoring perjalanan rute yang nantinya akan digunakan oleh Kereta Cepat merah yang nantinya beroperasi. Dalam hal ini kereta kuning perlu memastikan kesiapan sistem kerja KCJB siap untuk beroperasi membawa penumpang dengan standar SOP dan kenyamanan penumpang. 

Pada 19-20 Mei Kereta kuning sudah dijalankan untuk maintenance dan percobaan testing dan commissioning kereta. Konsep KCJB juga menerapkan konsep layanan yang ramah lingkungan. Pemasangan sound barier ini merupakan salah satu langkah untuk mengurangi kebisingan dengan mengikuti standar peraturan pemerintah.
Pemasangan sound barier ini akan dipasangkan ke area pemukiman pada penduduk dengan tingkat kebisingan KCJB menjadi 19 sampai dengan 39 dB. Sepanjang trase KCJB terdapat 60 km sound barrier yang akan dipasangkan. 
Adapun konsep interior yang ditampilkan dalam kereta cepat bagi penumpang ini adalah dibagi 3 kelompok besar yaitu premium Economy Class, Bussines Class, dan First Class. Masing masing kategori ini memiliki jumlah yang berbeda, membawakan konsep batik pada kursi, 555 kursi untuk penumpang Economy Class, 28 kursi untuk Bussines Class dan 18 Kursi First Class. 
Perlengkapan toilet mengusung konsep yang ramah bagi para penumpang yang dapat memfasilitasi dari berbagai usia hingga disabilitas dan lansia dengan tujuan kenyamanan bagi penumpang. Dalam perjalanan jangan khawatir akan kehabisan baterai. Fasilitas di KCJB ini menyediakan charging port untuk seluruh penumpang KCJB terdapat dua tipe yaitu AC 220 Volt dan USB port 5 Volt.