Tips Pengembangan Upgrade Diri Menciptakan Hidup Yang Kamu Inginkan Dalam Setahun

Meningkatkan diri adalah suatu proses yang berkelanjutan untuk menjadi lebih baik, berkembang dan mencapai potensi penuh dalam diri kita. Sebagian orang dalam kondisi menghadapi proses dalam hidupnya. Baik yang sedang berjuang dalam karir, pendidikan hingga masa tua.

Berikut adalah beberapa langkah yang anda ambil dalam mengupgrade diri anda;

  1. Mulai Lakukan Audit Hidup Audit hidup sangatlah penting dilakukan untuk menentukan dimana kita arus memulai dari perjalanan hidup. Mulailah dengan menentukan bagaimana posisi dalam area hidup seperti kesehatan, finansial, pengembangan diri, hubungan, karier, perawatan diri, kehidupan dirumah hingga waktu luang.
  2. Buatlah Sebuah Perubahan Mindset Mindset kam adalah apa yang menentukan perspektif dalam segala hal dalam hidupmu. Mengubah mindset awa pertama yang anda lakukan adalah, bagaimana cara anda bertindak ketika anda dijadikan sebagai tersangka negatif. 
  3. Menciptakan Sebuah Visi Memiliki tujuan atau visi adalah berarti memiliki gambaran yang besar dalam menentukan arah masa depan. Visi akan diarahkan oleh passion dan juga mimpi, kedua hal tersebut direfleksikan melalui usaha yang seris untuk menciptakan hasil nyata yang hendak akan diwujudkan.
  4. Pengembangan Diri Kembangakan diri anda sepenuhnya secara konsisten setiap harinya untuk mewujudkan visi tersebut, ibarat jika anda menyiram tanah setiap hari maka anda akan memiliki kebun seiring berjalannya waktu.
  5. Rancang Lingkunganmu Membangun Kesusksesanmu Dalam mengubah hidupmu, lingkungan tempat tinggalmu juga berpengaruh dalam menentukan arah masa depanmu. Bagaimanapun, kalau kamu bergaul dengan orang-orang yang suka mengambil tindakan dan mereka yang ingin melihat kamu sukses, kemungkinan besar kamu akan mempercayainya
  6. Pelajari Kemampuan Baru dan Tingkatkan Apa Yang Kamu Miliki Tidak ada yang akan mengubahmu lebih cepat daripada embangun kemampuan baru. Sebanyak apapun kesempatan yang datang tetapi jika tidak menyangupi kesempatan tersebut alhasil akan sia-sia. Dedikasikan waktmu untuk membangun kemampuanmu, anda bisa menemukan dalam buku, pocast ataupun video dalam pembelajaran yang kredibel.
  7. Jangan LUpa Menikmati Prosesnya Jangan terlalu foks akan prosesnya, sesekali anda juga memperhatikan akan tujuan yang akan capai kedepannya. 
  8. Tetap Belajar  Pendidikan berakhir setelah anda meninggalkan bangku sekolah ataupun perkuliahan. Teruslah belajar dalam bidang yang anda minati ataupun yang menurut anda kan berpotensi besar dan berkembang ke depannya. Megikuti kursus, seminar, ataupun mengikuti pelatihan. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan akan membuka pintu baru bagi anda dan membantu anda tumbuh secara pribadi dan profesional.
  9. Tetap Aktif Fisik Kesehatan fisik yang baik sangat penting untuk meningkatkan diri anda. Carilah cara untuk tetap aktif secara fisik, seperti berolahraga secara teratur, berjalan kaki, atau berpartisipasi dalam kegiatan fisik yang anda nikmati.
  10. Jaga Keseimbangan Hidup Penting untuk menjaga keseimbangan anatar aspek kehidupan anda.
Dalam hal ini meningkatkan kualitas hidup dapat diartikan mengoptimalkan kondisi fisik, mental dan  emosional dalam meningkatkan kualitas hidup dan mencapai kesejahteraan selama hidup.