Berhadiah Motor Listrik dan Linknya, Pemerintah Ajak Masyarakat PiliH Logo IKN

Nusantara sebagai Ibukota Indonesia pemerintah mengajak berpartisipasi dalam memilih logo Nusantara. Efektif di tahun 2024 Ibukota Indonesia akan berpindah dari dari Jakarta menuju Nusantara. Demikian juga dengan logo yang dibuat tentu ada kesepakatan bersama.

Pemerintah membuka vote dari semua lapisan masyarakat dan diinfokan dihadiahi motor listrik dari pemerintah. Berikut ada 5 pilihan logo Nusantara yang sudah terpilih membuat logo IKN. Adapun nama desainer beserta filosofi logo IKN adalah sebagai berikut: 

Ismiaji Cahyono 

Logo Ibukota Nusantara ini di desain oleh dia sendiri dan terinspirasi dari kearifan warga  Lampung dan juga rumpun keluarga yang telah bertub uh dan berkembang dengan ikon rumah paduan dari ambang tau pintu dengan atap dan dengan symbol N ditengah yang mengartikan “Nusa” atau Pulau dan “tara” artinya setara dengan ibukota. Dengan kombinasi hijau laut yang melambangkan kemaritiman, agrarian dan juga inteklektualitas.


Aulia Akbar

Aulia Akbar adalah seorang desainer asal Bandung yang merupakan lulusan  dari Desain Komunikasi Institute Teknologi Nasional. Dengan logo Pohon hayat Nusantara yang terinspirasi dengan bentuk penghayatan simbiolisme antara pohon dari barat hingga Timur Indonesia yang mengartikan kehidupan sekaligus keanekaragaman hayati yang melimpah di bumi Nusantara. Rancangan dari logo ini juga tidak terlepas dari aksara Pallawa yaitu salah satu aksara paling tua dari Kutai Kalimantan. 


Wildan Ilham 

Wildan adalah seorang co-founder workbyw merupakan perusahaan konsultan asal Jakarta mendesain logo ibukota Nusantara di Zamrud khatulistiwa yang memiliki beragam perbedaan yang saling berdampingan dengan terbuka inovasi dunia. IKN dengan keseimbangan baru, ruang kebersamaan dan semagat persatuan Indonesia. Sejalan dengan ideologi, keluhuran budaya dan semangat maju bersama. 


Dimas Fakhrudin

Dimas Fakhruddin merupakan desainer grafis asal Malang, Jawa Timur yang memiliki sudio Yumakiso yang memiliki latar belakang Desain Komunikasi Visual. Desain dengan semangat nusanatara untuk terus bertumbuh menjadi ibukota dunia yang memiliki intregritas dan daya saing global yang menjadi landasan dari logo yang di desainnya ini. Berpusat pada symbol bintang yang mempresentasikan dengan Pancasila sebagai pondasi utama dalam membangun IKN Nusantara.

Agar Satria

Dengan konsep yang terinspirasi dari pohon kehidupan yang menghubungkan manusia dengan alam. Konsep formasi modular untuk menggambarkan negara Indonesia berupa jajaran kepulauan dan juga desain planologi. Simbolis pohon sebagai representasi hubungan manusia dengan nilai-nilai luhur yang memperlihatkan siluet burung Garuda. Untuk vote lebih lanjut bisa Klik disini untuk menentukan pilihan logo terbaikmu.