Presiden Joko Widodo Hentikan Stop Ekspor Bauksit, Republik Indonesia Siap Hadapi Gugatan China di WTO

Bauksit adalah bijih aluminium yang terdiri dari oksida-oksida aluminium hidrat (AI203.xH2O), dimana x adalah dapat bervariasi tergantung jenis bauksitnya. Bauksit adalah sumber utama dari aluminium yang digunakan dalam berbagai apliasi mulai dari pembuatan kemasan, kendaraan, bangunan, hingga peralatan listrik. 

Bauksit biasanya ditemukan di daerah-daerah tropis atau subtropis dan biasanya diekstraksi dari tambang terbuka. Proses pengolaan bauksit melibatkan pemurnian dan pemisahan dari kotoran, sehingga menghasilkan bahan mentah aluminium yang digunkan dalam proses pembuatan produk aluminium 

Pemerintah Indonesia saat ini telah mulai fokus akan pengembangan industri bauksi dalam negeri. Pemerintah melalui presiden Joko Widodo dan juga jajarannya memastikan siap untuk menghadapi konsekuensi dari pemberlakuan kebijakan larangan ekspor bauksit pada pertengahan tahun ini. bahkan termasuk gugatan WTO. 

Melalui Staff khususu Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional, Bara Krishna Hasibuan mengatakan pemerintah secara tegas akan mengeluarkan kebijakan untuk melarang ekspor bauksit secara total pada pertengahan tahun ini. 

Seperti diketahui, China menjadi salah satu negara yang menjadi tujuan ekspor terbesar dari Indonesia untuk kategori bahan mentah, Jika aturan ini diberlakukan maka China akan menuntut Indonesia ke Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization) sama halnya dengan Uni Eropa akan menuntuk jika akan diberlakukan pemberhentian ekspor di kawasan Uni Eropa.

Melalui Staff Kepresidenan Joko Widodo Bara Hasibuan menyampaikan telah siap akan tuntukan yang akan dilayangkan oleh China dan juga Uni Eropa ke Indonesia. Indoensia akan dibangun dan punya smelter sendiri supaya bisa menjadi negara pengekspor barang yang sudah jadi bukan barang mentah yang cenderung murah.