Kabar Gembira, Kini Masyarakat Bisa Melaporkan Pegawai Kemenkeu yang Bergaya Hidup Mewah

Whistleblowing adalah tindakan seseorang yang memberikan informasi atau mengungkapkan praktik yang salah, tidak etis atau olegal yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau individu. Biasanya whistleblowing atau pelapor ini adalah anggota organisasi atau individu. Biasanya whistleblower atau pelapor ini adalah anggota organisasi yang memiliki pengetahuan atau bukti tentang kegiatan yang merugikan organisasi atau masyarakat.

Demikian juga disampaikan oleh IBu Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Sri Muliyani memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa melaporkan kelakuan kecurangan pegawai-pegawainya yang memiliki gaya hidup mewah dalam bentuk link. Nantinya dalam situs tersebut bisa melaporkan tindakan pegawai yang memiliki gaya hidup mewah bisa di laporkan disini : Adukan disini

Whistleblowing system disini adalah aplikasi yang telah disediakan oleh kementerian keuangan bagi anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. 

Dalam hal ini ada keunikan tersendriri bahwasanya masyarakat diperbolehkan untuk merahasiankan identitas disini dalam artian masyarakat bisa melaporkan tindak curang pegawai kemenkeu tanpa kwatir identitas terungkap. Dengan demikian masyarakat bisa melaporkan tanpa identitas atau anonim atas tindakan hidup mewah pegawai Direktorat Jenderal Pajak seperti yang baru-baru ini telah ramai di media sosial. 

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan saat melaporkan pegawai kemenkeu melalui situs resmi kemenkeu :

1. Ketik kata kunci Wise di kemenkeu dalam mesin pencarian, kemudian pilih link https://www.wise.kemenkeu.go.id/#/ . Untuk melaporkan pegawai yang bergaya hidup mewah sebelumnya harus memiliki username dan password dalam situs tersebut

2. Jika belum melakukan pendaftaran anda bisa mengajukan pendaftaran dan masukkan data yang dibutuhkan oleh situs tersebut. 

3. Pilih menu pengaduan untuk menambahkan pengaduan, dan kemudian pilih pilih informasi yang ingin dilaporkan terus hingga pilihan lanjut.