Menuju Era Keemasan dan Pembangunan dan Persiapan Ekonomi Indonesia Menjadi Ekonomi Terbesar Ke-empat Dunia


Kadin adalah singkatan dari Kamar Dagang dan Industri. Kadin adalah sebuah organisasi yang mewakili kepentingan pengusaha Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tahun 1968 dan telah menjadi lembaga yang diakui pemerintah. 

Kadin ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi serta meningkatkan daya saing produk dari dalam negeri. Kadin juga pernah berperan dalam memperjuangkan kepentingan pengusaha dan pelaku industri di Indonesia dalam berbagai forum dan juga kebijakan pemerintah. 

Untuk mendukung pertumbuhan dan kemajuan ekonomi Indonesia. Bersama Kadin memberikan fokus akan 3 program yang telah dicanangkan yang menjadi prioritas mereka. Program ini telah sejalan dengan 17 program utama yang akan atau sudah dijalankan pada periode kepengurusan tahun 2021-2026.

Untuk 3 program tersebut adalah sebagai berikut:

1. Roadmap Indonesia Emas. 


Sebuah pemetaan yang menjadikan Indonesia berkekuatan ekonomi terbesar ke-empat di dunia yang bertepatan dengan 100 tahun kemerdekaan Indonesia ditahun 2045. Kadin menginisiasi sebuah peta menuju Indonesia Emas pada tahun  2045. Inisiasi ini nantinya akan diberikan oleh Kadin sebagai sebuah kado RI ke-78.

2. ASEAN Bussines Advisory Council 

Setelah Indonesia dinilai sukses menjadi tuan rumah B20, Kadin Indonesia kembali mendapat kepercayaan untuk memegang keterusan ASEAN-BAC atau Dewan Penasehat Bisnis ASEAN 2023. Forum ini bertujuan memberikan integrasi kepada negara-negara Asia Tenggara lewat isu-isu prioritas seperti transformasi digital, ketahanan kesehatan, pembangunan, berkelanjutan dan ekonomi hijau serta ketahanan pangan. 

3. Kadin Impact Awards 2023. 


Adalah sebuah bentuk sinergi dari Kadin Indonesia dari pusat tertinggi dan terendah hingga secara garis besar nasional dalam hal memajukan ekonomi. Untuk mengapresiasi kinerja program-program unggulan untuk mendukung penguatan ekonomi  serta menaikkan ekonomi UMKM.