WASPADA Penyakit Akibat Kerja , Lakukan dan untuk Periksa ke Dokter Jika Merasakan Gejala Berikut

Penyakit yang ditimbulkan oleh kerja adalah gangguan kesehatan yang dialami oleh seorang akibat rutinitas atau juga disebabkan oleh paparan sinar zat yang terdapat dalam ruang kerja maupun yang bersentuhan langsung di tempat kerja yang memberikan efek samping kepada karyawan.

adapun contoh penyakit yang sering muncul dalam tempat kerja adalah sebagai berikut:

1. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak terjadi pada karyawan karena bersentuhan langsung dengan zat kimia, pepstisida, bahan pengawet, nikel, parfum maupun pewarna rambut hingga perhiasan yang dapat menimbulkan iritasi kulit dan berbagai macam reaksi alergi yang ditimbulkan olehnya. Reaksi yang terjadi pada tubuh biasanya seperti ruam merah dan gatal, kering dan bersisik pada kulit. Dalam kondisi seperti ini bisa dihindari dengan memggunakan sarung tangan untuk pencegahan yang terjadinya efek Dermatiti Kontak.

2. Penyakit Paru Kronis 

Biasanya para pekerja yang bekerja di area pertambangan, pabrik tekstil atau juga pabrik bahan bangunan yang paling berisiko mengalami terjadinya penyakit Paru Kronis. Kendala dan gejala lain yang ditimbulkan adalah seperti batuk kronis dan sesak nafas dan gejala atau nyeri dada. Pencegahan yang dapat dlakukan dalam kondisi seperti ini adalah segera memeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan jangka panjang.

3. Asma 

Asma adalah enyakit yang ditimbulkan oleh paparan seperti zat kimia, gas dan debu. Keluhan ini akan segera menghampiri karyawan iasanya tidak menggunakan masker ata pelindung badan untuk menghindari masuknya partikel-prtikel kotoran yang di hirup oleh hidung. Untuk pekerjaan yang paling berisiko penyakit asma adalah karyawan pabrik tekstil, penata rambut, tukang kayu dan juga tukang las. Tingkat keparahan asma tergantung lamanya kondisi yang sudah terpapar, dengan itu hendaklah selalu mengikuti anjuran K3 dan juga memakai pelindung diri saat bekerja.

4. Carpal Tunnel Syndrome

Carpal Tunnel Syndrome adalah penyakit yang ditimbulkan gerakan tangan yang sama yang berulang-ulang. kondisi pekerja yang terkena dalam penyakit ini adalah pekerja kantoran yang sering mengetik, penjahit dan juga pemindai barang seperti pekerja bangunan. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini biasanya ditandai dengan kesemutan atau juga terjadi kelemahan pada tangan. 

Setiap pekerja atau karyawan yang bekerja dalam sebuah perusahaan memiliki resiko kesehatan masing-masing. Disarankan untuk selalu menggunakan pelindung diri untuk menghindari penyakit yang ditimbulkan dalam ruang kerja. Tetap berikan istirahat pada badan ketika sudah lelah dan letih  dan jangan lupa untuk memeriksa kesehatan ke dokter untuk perawatan badan.