Tips Jitu Auto Lolos Proses Wawancara Kerja


Wawancara adalah proses interaksi antara dua pihak atau lebih, dimana salah satu pihak bertindk sebagai pewawancara dan yang lainnya sebagai responden atau subjek wawancara. Tujuan dari wawancara ada bermacam-macam seperti mendapatkan informasi, memperoleh data, mengevaluasi kualifirkasi atau kemampuan seseorang atau untuk mengambil keputusan. Wawancara biasanya dilakukan dalam situasi yang disebut normal seperti halnya dalam proses seleksi kerja, riset atau dalam kegiatan jurnalistik. Namun wawancara juga dapat dilakukan dalam situasi normal seperti dalam percakapan sehari-hari ataupun dalam kegiatan sosial.

Lolos wawancara kerja bukanlah hal yang sulit dilakukan. Anda bisa mempersiapkan beberapa hal untuk menghadapi tes wawancara kerja tersebut. Secara umum tes wawancara dilakukan pasti ada kemiripan dari pertanyaan yang dilontarkan yaitu untuk saling mengenal pelamar kerja dengan pemberi kerja. Hal yang terpenting disini adalah kecocokan keduabelah pihak. 

Sama halnya dengan berkenalan dengan calon pasangan, wawancara juga memiliki tujuan yang sama yaitu sebuah penjajakan diri anda dengan perusahaan yang akan anda inginkan. Tujuannya dalah saling mengenal satu sama lain.

Wawancara kerja adalah proses penting dalam hal penerimaan kerja. Seseorang pelamar dapat mengirimkan resume dan juga surat lamaran kerja yang luar biasa. Namun jika mereka tidak dapat memberikan jawaban yang baik dalam wawancara, maka kesempatan mereka untuk mendapatkan pekerjaan akan berkurang. Oleh karena itu penting bagi pelamar utnuk mempersiapkan diri mereka sebaik mungkin sebelum menghadiri wawancara kerja. 

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu anda lolos dalam wawancara kerja.

1. Persiapkan Diri Anda

Sebelum menghadiri proses wawancara pastikan anda telah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pelajari tentang perusahaan dan posisi yang anda lamar, baca ketentuan dan juga SOP perusahaan yang anda lamar. Mulai dari Deskripsi perusahan hingga visi misi perusahaan. Hal ini akan membantu anda mempersiapakan jawaban yang baik saat ditanya tentang perusahaan dan juga posisi yang akan anda lamar.

2. Pakaian

Penampilan sangat perlu dalam hal tes wawancara kerja. Pakaian yang anda kenakan sanat penting dalam memberikan kesan pertama yang baik. Jika anda tidak yakin dengan dress yang anda kenakan saat wawancara, bisa menghubungi rekruter atau bisa melihat foto-foto dari karyawan perusahaan dan jadikan sebagai acuan. Pastikan pakaian yang anda kenakan sesuai dengan dress code perusahaan atau lebih formal. 

3. Datang Tepat Waktu

Tiba tepat waktu sangat penting dalam memberikan kesan pertama yang baik. Uahakan jangan sampai terlambat atau terburu-buru. Coba datang sekitar 15 menit sebelum wawancara dimulai agar anda dapat bersantai dan mempersiapkan diri anda. 

4. Bersiaplah dengan Pertanyaan Wawancara

PAstikan anda mengetahui jenis pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh pewawancara. Pelajari tentang perusahaan dan juga posisi yang anda lamar sertkan jawaban yang akan mungkin anda jawa asaat wawancara. Beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan adalah "Apa yang membuat anda tertarik pada posisi ini ? atau "Apa kelebihan atau kekurangan anda ?

5. Berbicara dengan Jelas dan Lancar 

Pastikan anda berbicara dengan jelas dan lancar saat berbicara dengan pewawancara. Jangan terlihat terburu-buru ata terlalu lambat dan pastikan anda menjawa pertanyaan secara singkat dan jelas. Hindari jawaban yang berulang dan juga panjang lebar.