Jurusan Yang Sangat Potensial DI Era Digital, Yuk Pilihan Jurusan Ini Buat Masa Depan Kerja Paling Dicari

Perkembangan teknologi digital membuat peluang bagi beberapa lulusan kuliah untuk memiliki prospek kerja yang luas dan relevan dengan kebutuhan industri. Kebutuhan industri berbagai macam manufaktur tentu memiliki tantangan yang baru untuk merekrut karyawan di era digital saat ini. menrut data dari World Economic Forum (WEF) dalam future of jobs report tahun 2020 mengungkapkan terdapat beberapa jurusan kuliah yang memiliki dampak yang besar serta peluang yang luas du dunia kerja hingga pada tahun 2030 tahun yang akan datang.

TEKNIK INFORMATIKA

Jurusan Teknik Informatika ini merupakan jurusan yang potensial karena mempelajari dunia IT terutama dalam pemograman. Selain itu juga mempelajari pengembangan perangkat luna dan teknologi komputer jaringan. Bidang pekerjaan yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini yakni programming, software developer, web developer, system analyst, IT Consultant, dan software engineer.

MATEMATIKA & STATISTIKA

Pada era digital data infromasi yang epat tersebar dengan sangat mudah untuk didapatkan. Untuk itu, jurusan ini memiliki prospek yang menjanjikan karena didalam jurusan ini sudah mempelajari bagaimana cara pengumpulan data, analisis data dan juga penyajian data. Untuk posisi pekerjaan yang akan didapatkan nantikan adalah seperti: Data analyst, data science, system analyst dan juga market researcher.

CYBER SECURITY

Dalam dunia era digital juga rentan dengan tindak kriminal yang sering terjadi bagi kalangan masyarakat. Maka dari itu jurusan Cyber Security memiliki kesempatan yang besar terhadap dunia kerja dalam 10 tahun yang akan datang. Untuk lulusan ini dibutuhkan dengan alasan dalam jurusan ini berfokus dalam pelindungan data yang tersebar dalam sistem jaringan internet seperti data karywan perusahaan. Untuk lulusan dari Cyber Security dapat bisa menjadi seorang computer forensics atau juga disebut big data architect.

ILMU KOMUNIKASI 

Ilmu komunikasi sangat penting bahkan bisa dibilang sampai peradaban manusia tetap ada. Limu konumikasi ini memiliki prospek kerja yang luas dibandingan jurusan yang ada saat ini. Jurusan ini mempelajari berbagai macam aspek sepert9 Digital Marketing, SEO Specialist, social media, copywriter, publick relation dan juga graphic designer.

 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DVP)

Jurusan ini memang sangat digencar oleh para perusaan akibat dari ekonomi digital yang terus bertumbuh semakin populer dan dibutuhkan Jurusan ini menjadi bagian dari seni yang memiliki konsentrasi dalam bidang penyampaian pesan. Pekerjaan yang dapat dilakukan seperti animator, web designet, layouter, creative advertising dan juga desain grafis. Teknologi Bisnis Digitak juga bagian dari jurusan ini yang memfokuskan bidangnya seperti sales penjualan. Sistem penjualan secara digital yang marak saat ini, memeperluas prospek kerja jurusan ini seperti UI/UX designer, pemasaran digital, fintech industri, dan juga ecomerce.