Wajib Kamu Tahu, 13 Istilah Dalam Dunia Kerja Yang Perlu Kamu Tahu


Banyak hal yang harus di mengerti dalam dunia pekerjaan karena menyangkut terhadap kinerjamu di perusahaan. Bagi freshgraduated tentunya hal ini harus diketahui bersama. Dalam dunia  banyak sekali istilah-istilah yang dipakai dan seringkali istilah tersebut tidak pernah terdengar di masa sekolah atau kuliah.

Istilah yang sering digunakan dalam dunia kerja mayoritas menggunakan bahasa Inggris. Tujuan dari penggunaan istilah ini adalah untuk mempersingkat pesan yang ingin disampaikan oleh atasan kepada bawahannya baik disampaikan secara langsung ataupun melalui media lainnya. 

Berikut adalah 15 istilah dalam dunia kerja yang harus kamu ketahui

1. Walk in Interview
Jika kamu sudah pernah melihat papan pengumuman pekerjaan tentu ada kalimat Walk in Interview. Pengertian dari Walk in Interview adalah proses wawancara yang dilakukan tanpa seleksi. Namun kamu bisa mengikuti kegiatan tersebut tanpa ada proses janji terlebih dahulu. 

2. Outsourcing
Outsourcing adalah penggunaan terhadap pekerja dari pihak ketiga untuk menyelesaikan tugas tertentu dalam sebuah perusahaan. Outsourcing ini dilakukan oleh perusahaan dalam memangkas biaya perusahaan tersebut. Dengan demikian karyawan yang direkrut oleh outsourcing tersebut mampu merekrut apapun dalam pekerjaan. 

3. Basic Salary
Basic salary merupakan upah minimum yang harus dibayarkan oleh perusahaan terhadap karyawannya baik kontrak maupun tetap. Nominal yang akan dibayarkan sebelumnya sudah disepakati sebelumnya oleh HRD saat kontrak awal masuk kerja. 

4. Full Time 
Full time merupakan jumlah waktu yang dipakai oleh pekerja terhadap perusahaan, kisaran antar 37 jam sampai 49 jam dalam sebulan. Untuk rata-rata masuk kerja perhari 8 jam. 

5. Over Time 
Over Time adalah istilah yang digunakan untuk karyawan yang bekerja pada waktu libur atau juga melewati batas waktu kerja. 

6. Freelance
Freelance adalah istilah bagi karyawan yang bekerja lepas waktu. Jam kerja freelance tidak mengenal batas waktu khusus. Biasanya freelance akan diberikan tenggang waktu tertentu sesuai kebutuhan perusahaan. 

7. Remote Working
Remote working adalah istilah bagi pekerja bukan dari tempat kantor atau alamat perusahaan. Biasanya bekerja menggunakan teknologi yang didukung dengan via online. Dengan adanya teknologi yang mendukung penyampaian informasi maka Perusahaan Startup telah banyak menggunakan remote working dalam menjalankan perusahaan. 

8. Jobdesck
Jobdesck adalah detail pekerjaan yang harus dilakukan ketika telah diterima bekerja di sebuah perusahaan. Jobdesck inilah yang menjadi acuan tempat anda bekerja.

9. Deadline
Istilah deadline sering ditemukan disemua perusahaan. Deadline merupakan batas tenggang waktu kerja untuk menyelesaikan tugas pekerjaan. Biasanya ketika melewati deadline pada umumnya diberikan penalti ataupun denda kepada si karyawan. 

10. Standar Operasional Prosedur
Standar Operasional Prosedur adalah merupakan peraturan tertulis yang wajib digunakan oleh perusahaan tersebut. Biasanya SOP perusahaan yang satu dengan yang lain berbeda. Bahkan antar divisi atau jabatan berbeda. 

11. Key Performance Indicator 
Sesuai namanya Key Indikator Performance yaitu poin-poin yang terdiri dari indikator pekerjaan dalam sebuah perusahaan. Indikator pekerjaan biasanya untuk melihat apakah sesuai target yang diberikan oleh perusahaan kepada pekerja. KPY sangat berpengaruh terhadap insentif yang diterima oleh karyawan. 

13.Memorandum oh Understanding (MoU)
Disingkat dengan MoU merupakan surat perjanjian kerjasama antara perusahaan dengan pihak karyawan yang akan melakukan kontrak kerja di perusahaan.