Tidak Hanya Cetak Uang Indonesia juga Beberapa Asia Tenggara Namun cetak ini juga ? Fakta Dibalik Logo PERURI

Peruri atau Perum Percetakan Uang Republik Indonesia atau biasa disingkat menjadi Peruri adalah badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang percetakan uang dan dokumen keamanan. Selain itu juga perusahaan ini menyediakan jasa keamanan digital. 
Dikabarkan uang kertas yang dicetak oleh Peruri juga mencetak uang dari negara lain seperti yang digunakan oleh negara Malaysia, Thailand, Bangladesh, Nepal, Argentina, Sri Lanka dan Mauritius. Negara-negara luar tersebut meyakini produksi dari Percetakan Uang Republik Indonesia bagus. 

Produk yang dihasilkan oleh Peruri bukan hanya uang kertas'dan juga uang logam. Namun juga diberikan amanat sekuriti negara yang diantaranya adalah 

Pita Cukai yang dicetak oleh Peruri dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang berdasarkan nilai pajak yang dikenakan untuk produk yang terkena pajak seperti pita Cukai di rokok kretek dan cigarette. 

Peruri tidak hanya mencetak pesanan paspor RI dari Direktorat Jenderal Imigrasi Republik Indonesia saja, akan tetapi juga pesanan paspor dari negara lain seperti i Sri Lanka

Selain paspor Peruri juga mencetak materai yang kita kenal sekarang dengan materai 10.000 Diketahui menggunakan hologram dan teknik cetak intaglio yang memiliki nilai sebesar Rp.3000 dan Rp.6000. 

Sertifikat tanah juga diterbitkan dan dicetak oleh perusahaan Perum PERURI yang memiliki ciri-ciri khusus dan mengutamakan unsur nilai khusus yang disebut dengan security feature. 
Prangko juga adalah bagian dari percetakan oleh perusahaan Perum PERURI l. Meskipun prangko tidak sering digunakan oleh masyarakat umum namun tetap diterbitkan oleh perusahaan ini yang diterbitkan oleh perusahaan PT Pos Indonesia seperti Prangko Seri Shio Kambing tahun 2015 dan juga Prangko Seri Gerhana Matahari Total dan juga Prangko Monyet. 

Namun dibalik dari produknya yang sudah beredar di berbagai kalangan. Apakah arti dari Loggo yang ada pada Perum PERURI? 
Terlihat seperti simbol mata ternyata memiliki arti essence smart security. Penggambaran mata tersebut karena disesuaikan dengan kompetensi Peruri sebagai penjamin keaslian.

Mengingat Peruri adalah salah satu perusahaan BUMN yang telah tersertifikasi pSrE yang menjamin keaslian segala bentuk dokumen baik secara digital dan high security featured yang telah dimiliki.