Rekomendasi Harvard University, Cara Menulis Lamaran Kerja yang Benar 2023


Untuk paragraf pertama kamu harus menulis posisi yang akan kamu dapat dalam lowongan kerja tersebut, sertakan alasan mengapa kamu cocok di posisi yang ingin kamu applykan. Alasan tersebut yang menjadikan highlight oleh yang rekrut kamu. 

Paragraf yang kedua kamu juga menulis alasan mengapa kamu cocok di Posisi ini, di paragraf kedua dalam menulis lamaran pekerjaan kamu bisa menyampaikan mengapa tertarik dengan perusahaan dan kamu ingin bekerja dalam bagian yang kamu pilih sertakan skill atau keahlian yang mendukung dalam posisi yang kamu pilih. 

Paragraf ketiga atau yang terakhir kamu bisa sebut ini kesimpulan, simpulan semua info yang penting kamu aplikasikan bahwasanya kamulah kandidat yang cocok di posisi di ini. Pada paragraf ketiga ini kamu bisa jelaskan dan tegasin lagi soal minat kamu kerja di perusahaan tersebut dan keinginan kamu buat bisa terpilih buat lanjut ke sesi interview. 

Berikut adalah contohnya 
<Nama kamu>
<Nomor pribadi>
<Alamat email> 
<Tempat tinggal> 
<TANGGAL>
Yth <sisipkan nama perekrut>
<Nama Perekrut>
<Perusahaan>
<Alamat perusahaan>
Perihal: Posisi<Sisipkan nama posisi> 
Dengan hormat
Saya menulis surat ini untuk melamar pada posisi Staff Network yang lowongan kerjanya saya temukan di ayogkerja.com.
Saya yakin bahwa saya merupakan kandidat yang cocok untuk posisi ini karena saya memiliki pengalaman kerja di posisi Staff Network di PT Elonmusk. 

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai Staff Network di PT Elonmusk selama 5 tahun. Terbiasa dengan bertemu banyak konsumen dan handling masalah.  Ketrampilan SAP yang mumpuni, Microsoft lancar rumus dan pengaplikasian serta memiliki kemampuan bahasa asing seperti Bahasa Inggris yang aktif. 

Perusahaan PT Elonmusk merupakan perusahaan terdepan dalam menyediakan solusi teknologi. Saya memiliki keinginan untuk bekerja dalam proyek dalam industri ini, saya juga tahu peluncuran produk terbaru anda. 

Saya ingin mengetahui lebih jauh tentang kesempatan kerja ini dan membahas bagaimana pengalaman yang saya miliki dapat berkontribusi untuk perusahaan ini. Terimakasih atas perhatiannya. Saya menantikan kabar dari anda dan ingin mengetahui lebih banyak tentang perusahaan ini. 

Hormat saya, 
<Nama Kamu>

Bagi freshgraduated cara menuliskan surat lamaran ini bisa kamu contohkan saat ada perusahaan yang ingin kamu lamar. Tidak semua perusahaan menerima dengan metode seperti diatas namun metode bisa kamu gunakan sebagai pedoman lamaran kerja.