Ratusan Perusahaan Pabrik Karawang Alokasi Pindah Area, Alasannya Apa ?

Karawang salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki kawasan industri terbesar di Indonesia. Dilaporkan dari Ketua Apindo ratusan perusahaan melakukan relokasi ke area lain dikarenakan standar upah karyawan rendah. Dikarenakan banyak perusahaan tersebut tidak sanggup menggaji karyawannnya dikarenakan upah yang tinggi. 

Inflasi di setiap negara sangat begitu berdampak pada perusahaan di setiap negara, termasuk Indonesia yang mengalami dampaknya akibat dari resesi ekonomi dunia. Jika tidak ditangani secara serius maka akan berakibat fatal buat pertahanan ekonomi ke depannya. Untuk itu perlu semua negara mengambil tindakan dan beranjak dari ekonomi berbasis murah menjadi ekonomi yang lebih berkembang. 

Ekonomi negara yang middle income trap atau disebut juga ekonomi yang stagnan adalah negara yang tidak bisa melakukan inovasi hanya bisa menumbang jualan buruh murah dan juga sumberdaya alam. 
Nasib buruh yang bekerja di Industri Karawang juga bakal bernasip yang malang. 

Hukum kapitalisme seperti ini selagi tidak ada yang menjadi revolusioner dari anak bangsa, dan negara hanya mengandalkan tenaga buruh murah dan SDA. Nasib para buruh menjadi tumpuan ekonomi yang justru memakan gaji mereka sendiri. Tidak bisa disalahkan juga. 

Sudah saatnya Indonesia beranjak dari value yang lama menjadi value yang lebih baik lagi. Sebelumnya dikenal karena tenaga murah, bisa digantikan dan melakukan pembaharuan menjadi tenaga ahli. 

Seperti saran dari Menter Kemenpolhukam Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Indonesia tidak bisa kaya hanya dengan memanfaatkan sumberdaya alamnya saja. Namun menambahkan teknologi dan inovasi menjadi nilai tambah bagi hasil alamnya dan menghasilkan value kualitas bersaing secara internasional.