Gerakan Inisiasi oleh Presiden Joko Widodo Menghasilkan buah yang Luar Biasa, Sukses Membawa UMKM dan Program Berwisata

Menteri Ekonomi dan Hukum dan HAM Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh menteri, kepala Badan dan Lembaga Kepala Daerah, Asosiasi, Ecomerce, Top Brand lokal serta awak media dalam pelaksanaan kegiatan BBI Juta Ekonomi UMKM/IKM dan juga para artisan masuk dalam kegiatan ekonomi digital. 

Kegiatan pelaksanaan Gernas BBI di berbagai pelosok nusantara ini akan memberikan hasil yang positif dan optimisme digital bahwa pada tahun 2024 mendatang bisa mencapai 30 juta unit boarding. Ditargetkan pada 12 Desember 2022 realisasi belanja produk dalam negeri oleh pemerintsh dan BUMN jumlahnya telah mencapai Rp 651,8 triliun dari yang ditargetkan Rp.400 triliun yang mana telah mencapai dari target pemerintah. 

Pertumbuhan UMKM di masyarakat dinilai akan mengalami kenaikan pada tahun 2023, target pemerintah 95% belanja barang dan jasa pemerintah atau sekitar Rp.1.002 Triliun akan dialokasikan bagi PDN dan hal ini akan memberikan dampak yang besar bagi kegiatan ini. 

Dari program kolaborasi ini akan menargetkan 1,4 miliar perjalanan wisatawan nusantara atau dua kali lipat dari capaian tahun ini. Upaya dari keberhasilan dari program ini adalah jembatan untuk bergerak maju hingga tahun 2023. Program kegiatan ini juga akan melakukan lompatan kolaborasi BBI dengan belanja produk dalam negeri serta bangga melakukan perjalanan wisata di Indonesia. 
Kekompakan dan kerjasama adalah kunci dari suksesnya pencapaian. Melalui kegiatan UMKM yang diadakan oleh pemerintah melalui mengajak masyarakat menggunakan produk dalam negeri. Beberapa produk UMKM yang telah menembus pasar internasional yang dikenal bagus secara kualias dan dari segi harga ikut menyumbang kesuksesan dari program ini.