Bagaimana Masa Depan Pekerjaan Manusia ? Teknologi yang Menggantikan Pekerjaan Manusia

Sejak perkembangan komouter digital mulai tahun 1940an telah terbukti bahwasanya komputer dapat di program untuk melakukan tugas yang sangat kompleks. Beberapa hari ini lagi rame banget foto anime dari teknologi ChatGPT yang bernama Al, sedang tren di media sosial TikTok dan Instagram dimana orang berbondong-bondong mencoba teknologi Artificial Inteligence atau kecerdasan buatan ini. Disini bisa dilihat kreatifitas bisa digantikan oleh mesin. 

Artificial Inteligence adalah cabang luas dari ilmu komputer, berkaitan dengan membangun mesin pintar yang mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia. Telnologi ini mengumpulkan dan mengolah berbagai data menjadi sebuah informasi yang berguna agar dapat menyelesaikan tugas seperti personalisasi, proses otomatis, layanan pelanggan, meningkatkan proses menufaktur dan menghasilkan lebih banyak output dalam waktu yang singkat serts sebagai analisis data. 
Pertanyaan yang sering timbul 10 tahun silam mengenai pekerjaan mana yang duluan hilang dahulu antara Akuntan atau Copywriter. Melihat dari kondisi yang terjadi di era sekarang ini Akuntan adalah profesi yang tidak memiliki kreatifitas dan tidak perlu kreatifitas dalam hal mengelola keuangan. Profesi Copywriter adalah pekerjaan yang memerlukan kreatifitas seperti photographer, videographer, content creator. Namun yang terjadi sekarang adalah teknologi Artificial Inteligence telah menggeser posisi yang membuat kreatifitas. 

Banyak pro dan kontra di beberapa kalangan artist sebagian dari antara mereka ada yang terganggu dan sebagiannya memanfaatkan teknologi ini sebagai tools, bisa diantara sebagai track record atau juga sebagai referensi. Dari pro dan kontrak yang terjadi terdapat fakta bahwasanya developer AI  ini ternyata menggunakan gambar yang berasal dari internet sebagai database. 

Beberapa database ini tidak lebih seperti MidJourney yang mengambil beberapa data dari DevianArt ataupun Stable Diffusion untuk mentraining Artificial Inteligence mereka dari Pixiv. Pada dasarnya ciptaan teknologi ini adalah hanyalah mesin yang bisa memilah miliaran gambar yang adalah dalam database mereka untuk dikombinasikan menjadi sebuah output baru sesuai promp yang diberikan.