Dikenal Perekrut dan Ditakuti oleh Jobseeker, HRD Ternyata Memiliki 8 Bagian dan Fungsi yang Berbeda Lho

Seringkali kita melihat berbagai postingan lowongan kerja diberbagai platform media sosial dengan berbagai posisi dan nama. Ada yang mencari posisi HRD, personalia, Asisten, Staff, Driver, Operasional, Operator, Leader dan masih banyak lagi. 
Namun yang merekrut itu semua berasal dari HRD. 

Apakah anda tahu HRD itu Apa ? HRD adalah Pengembangan Sumberdaya Manusia atau dalam terjemahan bahasa Inggris Training and Development. Mengartikan fungsi HRD disini tidak lain dan tidak bukan adalah Pelatihan dan pengembangan melibatkan peningkatan efektivitas organisasi organisasi dan individu yang ada didalam tim.
Namun apakah anda sudah tahu bahwa HRD itu bukan cuman satu ? HRD banyak jenis dan fungsi yang berbeda dengan tujuan yang sama yaitu:
1. HR Recruitment
HR Recruitment memiliki tugas utamanya adalah untuk mencari dan proses perekrutan karyawan di semua departemen yang bertujuan untuk mendukung perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. 
2. Compensation & Benefit
Disingkat dengan sebutan HR ComBen yang memiliki tugas dan fungsi pokok adalah merancang dan juga mengatur reward atau benefit berupa gaji, tunjangan, asuransi kesehatan, cuti dan juga benefit yang sesuai dengan aturan dan kebijakan perusahaan tersebut. 
3. People and Development
People and Development adalah dikenal sebagai HR Training dan juga memiliki tugas fungsi utama untuk merancang dan memberikan training kepada karyawan perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas bagi perusahaan.
4. Organisational and Development
Dikenal dan disingkat dengan sebutan OD Development yang memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan organisasi dengan cara membangun organisasi yang efektif mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada serta memiliki kemampuan untuk pemecahan masalah yang dihadapi oleh perusahaan. 
5. Industrial Relationship
Fungsi dan tugas utama dari IR Recruitment ini adalah menjalin dan menjaga relasi yang baik yang berkaitan dengan relasi diluar seperti pemerintah pengusaha dan juga karyawan seperti regulasi Undang-undang yang berlaku, ketenagakerjaan, tenaga kerja, kontrak, upah gaji sampai dengan pemutusan hubungan kerja diatur eh posisi ini. 
6. Bussines Partner
Atau disingkat dengan sebutan HRBP yang memiliki fungsi sebagai konsultan bagi manajemen perusahaan. posisi ini sangat terlibat dalam pengambilan keputusan oleh manajemen perusahaan. 
7. Personal Administration
Lebih dikenal dengan sebutan HR Administration yang memiliki fungsi tugas utamanya adalah semua hal yang berhubungan dengan data karyawan, termasuk absen, pencapaian kinerja karyawan, serta surat cuti karyawan adalah urusan dari bagian posisi ini. 
8. HRGA 
HRGA sudah sering didengar dan tidak asing bagi kamu yang sudah lama bekerja di sebuah perusahaan. Sebutan dengan HR adalah yang menjalankan tugas ditambah dengan General Affair yang memiliki fungsi dan tugas mengatur dan mengurus aset perusahaan mulai dari pengadaan dan pemeliharaan alat di perusahaan. 

Seiring dengan perkembangan zaman posisi HRD ini juga akan memiliki banyak cabang dan juga fungsi yang berbeda