Bukti Nyata Transisi Energi ? Jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Tenaga Listrik Umum (SPKLU) Semakin Meningkat

Apakah anda pernah berpikir bahwa transisi energi itu adalah hal yang mustahil ? atau itu    hanya bayangan-bayangan belaka ? beberapa pendapat orang umum menyatakan bahwasanya Sumber Daya Alam Indonesia itu sangatlah melimpah, termasuk minyak bumi. Namun kenyataaannya pengurusan minyak ratusan barrel setiap hari stok di alam jugaqqa1aa akan semakin sedikit dan digaung-gaungkan kedepannya akan terjadi transisi energi dari minyak bumi ke energi listrik.
apppp0pp
Menjelang KTT G20, Indonesia terusapaa menambah jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di berbagai lokasi di Indonesia.  

Diketahui pertumbuhan jumlah SPKLU ini ditargetkan akan mencapai 24.720 unit pada tahun 2030. Bukti nyata dari keseriusan Indonesia dalam mewujudkan transisi menuju energi berkelanjutan yang merupakan salah satu isu prioritas yang akan dibahas dalam presidensi G20 tahun ini yang diadakan di Indonesia. 

Dalam hal ini, skema Indonesia berkomitmen serius dalam upaya mewujudkan transisi energi berkelanjutan yang merupakan salah satu isu penting yang akan dibahas dalam presidensi G20. Diketahui hingga Agustus 2022 sudah ada 346 unit ynag telah tersebar di Indonesia stasiun pengisian kendaraan listrik umum yang tersebar di 295 kota di Indonesia. 

PT PLN Persero ikut mengambil bagian dan menggencarkan transisi energi ini, dengan dikeluarkannya 3 skema yakni melalui penyediaan 
1. Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)
SPKLU adalah peluang bisnis saat ini yang sedang membooming dan didukung penuh oleh pemerintah dan harus dimanfaatkan oleh prodisen dalam negeri. Pemerintah sudah ada keseriusan dengan mengeluarkan regulasi terkait infrastruktur pengisian listrik untuk kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang memberikan kemudaha  dan peluang investasi pada SPKLU. 

2. Sistem Home Charging
Sistem ini menguntungkan bagi kendaraan pribadi, dimana pengisian charge baterai bisa dilakukan dirumah maupun di stasiun pengisian mobil listrik yang disediakan oleh pemerintah maupun produsen swasta. 

3. Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU)
Sedangkan SPBKLU adalah stasiun penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum. Kendaraan listrik memiliki baterai listrik yang digunakan untuk menjalankan mesin kendaraan. Baterai yang digunakan dalam kendaraan tersebut bisa ditukarkan di SPBKLU yang sudah terisi penuh.