Sejarah Baru Peradaban Indonesia, IKN Wujud Perubahan Peradaban Indonesia

Ibu Kota Nusantara makin keren ? 
Gimana gak keren coba, sejak pembukaan investasi asing dibuka, Otoritas Ibu Kota Negara Nusantara mendapatkan respon yang sangat positif dari beberapa investor dan tercatat 25 kali lebih besar dari lahan yang disediakan pemerintah di awal. 

Indonesia sudah berada dalam masa peradaban dalam menata masa depan Ibukotanya. Sesuai yang dicitacitakan oleh pembukaan UUD 1945 untuk mewujudkan bangsa yang maju dan beradab. Dengan tujuan sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat dan menjaga perdamaian dunia. 

Presiden Joko Widodo Menyampaikan dalam sambutannya pada kegiatan Ibu Kota Nusantara Sejarah Baru Peradaban Baru di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Selasa 18 Oktober 2022. Dalam sambutannya presiden menyampaikan bahwa Ibu Kota Nusantara merupakan wujud dari peradaban bangsa Indonesia yang memiliki konsep Indonesiasentris. 
Dalam sambutannya tersebut, presiden menyampaikan bahwasanya konsep Nusantara ini dibangun berdasarkan konsep kota masa depan. Konsep kota masa depan berbasis alam dengan 70% area Ibu Kota Nusantara merupakan area hijau. Lahan yang digunakan dalam pembangunan kota ini. 

Sebuah langkah awal untuk mewujudkan hal tersebut yaitu pemerintah telah menyiapkan pusat persemaian yang telah dibangun pada bulan Juni 2022 yang lalu. Dengan harapan persediaan persemaian ini dengan luas sekitar 15 hektar ini mampu menghasilkan penghijauan sebagain konsep ibukota masa depan. 

Presiden juga menjelaskan bahwasanya sumber energi di Ibukota Nusantara ini nantinya berasal dari energi yang terbarukan termasuk dalam penggunaan transportasi, dalam hal ini pemerintah telah menyiapkan dan mengembangkan teknologi kendaraan otonom berbasis listrik yang diprediksikan untuk enrgi listrik adalah energi yang terbarukan yang sering dipakai di masa depan. 

Presiden juga mengatakan bahwa budaya kerja yang dibangun di Ibukota Nusantara ini nantinya menjadi wilayah yang produktif. Budaya ini akan terus dilestarikan dan diwujudkan dengan didukung tata kelola dan manjemen yang baik serta pengamplikasian teknologi yang sudah mumpuni.