Ruang Hijau Ikonik dengan Pemanfaatan Energi Terbarukan Gardens by the Bay Singapura Sukses di Asia

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar nama Gardens by the bay ? Sebuah taman yang hijau dan luas ? atau destinasi populer di negara Singapura ? 

Meski keduanya adalah jawaban yang benar ada fakta menarik lain dengan Gardens by the bay yang merupakan salah satu taman ruang lengkap dengan hijau dan ekosistem alam buatan terbesar di Singapura. 

Gardens by the bay ini dikelola dengan teknologi yang terbarukan yang merupakan konsep yang dimiliki oleh taman ini yaitu taman hijau dengan konsep energi terbarukan dan berkelanjutan. 

Konsep taman paling ikonik di Singapura ini didirikan pada tahun  2012, memiliki total luas 101 hektar, Gardens by the bay mempunyai konservasi yang berisikan koleksi ribun tanaman. 

Konsep mendinginkan konsenvatori di taman ini, digunakan energi biomassa dyang diambil dari limbah holtikultura. Selain itu bantuan dari cahaya matahari dimanfaatkan untuk menerangi Supertree Grove. Sedangkan untuk mengairi kebun digunakan air hujan yang telah ditampung dalam danau buatan dan dibersihkan dengan tanaman. 

Struktur dengan konsep energi terbarukan ini dibagi dalam 3 bagian gedung besar yaitu 

Flower Dome 
Flower Dome ini merupakan rumah kaca raksasa dengan dua kubah besar dengan tujuan bisa mnampuang air hujan  untuk proses irigasi dalam taman ini. 

Cloud Forest 
Cloud Forest adalah air terjun buatan dalam taman ini yang memanfaatkan energi biomassa sebagai pendingin ruangan dalam taman ini. 

Supertree Grove 
Supertree Grove merupakan konsep seperti pohon buatan yang memiliki ketinggian 20-25 meter yang telah dilengkapi dengan sel surya fan telah terintregrasi dengan konsenvatori.