Miliki Potensi Aspal Melimpah di Pulau Buton Hingga Mencapai 662 Juta Ton. Presiden Joko Widodo Putuskan Stop Impor Aspal.


Kabupaten Buton adalah salah satu daerah kabupaten yang berada di wilayah Propinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Kabupaten Buton terletak di Pulau Buton adalah pulau terbesar di Sulawesi Tenggara dan masuk dalam 130 pulau terbeswr di dunia. Dikabarkan nama pulau Buton diambil dari nama pohon yang ada di daerah tersebut yang sudah banyak digunakan dalam dalam pelabuhan pelayaran dan juga perdagangan. 

Aspal adalah kekayaan alam besar di Sulawesi Tenggara. Tambangnya ada di Kabupaten Buton. Potensi tambang aspal di sini 662 juta ton. Tapi sangat disayangkan kegiatan produksi aspal disini malah tidak jalan dan dikabarkan Indoensia masih mengimpor aspal 5 juta ton setiap tahun. 

Dalam kunjungan presiden kali ini di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara presiden menyampaikan kerisauannya saat meninjau sebuah pabrik aspal di daerah ini. " Karena itulah, di kesempatan ini, saya menginstruksikan jajaran terkait untuk membangkitkan kembali industri aspal di Sulawesi Tenggara, sekaligus hilirisasi industri aspal agar mendapatkan nilai tambah. Buton harus dihidupkan kembali sebagai industri penghasil aspal bukan sekedar tambang". Tuntas presiden dalam kunjungannya.