Menuju Konferensi Tingkat Tinggi G20 2022, Mengenal Istilah Kata G20, Apakah Kamu Sudah Tahu ?

Siapa nih yang belum mengenal istilah-istilah G20 ? 

Presidensi G20 Indonesia sudah didepan mata. Pertemuan yang akan digelar bulan November 2022 tahun ini menghasilkan kesepakatan yang nantinya akan dibawa pada puncak acara KTT pada Novembwr 2022. 
Daripada buat bingung, disini akan dijelaskan beberapa istilah yang sering muncul dalam pembahasan pertemuan antar presidensi G20. 
G20
G20 Adalah Forum kerja sama multilateral yang terdiri atas 19 negara dan 1 unieropa (EU). ke 19 Negara ini antara lain adalah, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Brazil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki dan Uni Eropa. 
Recover Together, Recover Strongger 
Istilah kalimat diatas adalah tema dari presidensi G20. Recover together, Recover Strongget mengartikan dengan semangat untuk pulih dan bangkit bersama.Dengan semangat untuk pulih bersama. 

Konferenasi Tingkat Tinggi (KTT) Summit 
Yaitu konferensi puncak dari suatu pemerintahan dari proses pertemuan presidensi G20. 

Troika
Troika merupakan presidensi yang sudah berjalan beserts presidensi sebelum dan presidensi yang akan selanjutnya. 

Delegasi
Delegasi merupakan tamu dati berbagai negara anggota atau bisa juga disebut perwakilan atau utusan dengan proses penunjukan secara langsung maupun secara musyawarah untuk mengutusnya menjadi salah satu perwakilan dari suatu kelompok ataau lrmbaga yang menghadiri acara presidensi G20. 

Sherpa Track 
Istilah ini diambil dari pemandu dari negara Nepal. Mendeskripsikan bagaimana nanti para sherpa G20 membuka jalan menuju Konferensi Tingkat Tinggi didalamnya membahasas tentang isu-isu tentang keuangan dan ekonomi. 

Ministerial & Deputies Meeting 
Adalah merupakan pertemuan Tingkat Menteri dan Deputi yang akan diadakan di mading2 area dan fokus dalam suatu forum G20. 

Working Group
istilah ini mengartikan sebagai kelompok kerja yang didalamnya beranggotakan para ahli dari anggota presidensi G20 yang menangani isu isu spesifik yang terkait dengan agenda G20 yang lebih luas. 

Engagement Group
Adalah pertemuan yang dilaksanakan dengan melibatkan perwakilan lembaga negara pada rangkaian presidensi G20 yang terdiri dari 10 group. yang diantaranya adalah B20 (forum dialog antar bisnis global) T20 (forum yang membahas think tabk dan riset dari seluruh dunia) W20 (forum issu gender di seluruh dunia) Y20 (forum yang didalamnya visi dan ide dari para kaum muda dari seluruh dunia) L20 (forum yang mempersatukan pemimpin serikat pekerja).
 
U20 (forum yang membahas iklim dan penataan kota masa depan dunia kerja, inklusi) G20 (forum komunitas terkait isssu lingkungan dan HAM) S20 (wadah kelompok ilmu pasti dari seluruh dunia, P20 (forum parlemen dari berbagai negara dunia yg selenggarakan dalam pertemuan KTT G20 dan istilah SAI20 (Supreme Audit Institusion) yang merupakan engagement dibawah forum G20 yang mengusung 2 prioritas utama yaitu mengakselerasi pemulihan ekonomi secara pasca pandemi dan mendukung implementasi SDGs.