Kota Sofifi Disorot Presiden - Akan Menjadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Maluku Utara

Kota Sofifi merupakan bagian dari poros pulau Halmahera dan berdampingan dengan pulau Tidore yang terletak di pulau Tidore Ternate. Kota ini berdasarkan RTRW Provinsi Maluku Utara. Pulau ini memiliki banyak keankekaragaman hayati laut maupun darat. Baik dari Hasil laut yang kaya akan ikan maupun dengan hasil alam yang melimpah. Kota ini sebagai akses utama masuk Pulau Halmahera diprediksikan sebagai kota pusat pertumbuhan ekonomi di kawasan itu. 

Sebagai Ibukota Provinsi Sofifi harusnya dilengkapi dari infrastruktur dan saranan pendukung pembangunan kota. Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya Rabu, 28 September 2022 menyampaikan bahwasanya Kota Sofifi perlu peningkatan pembangunan infrastruktur. "Memang ada beberapa infrastruktur yang masih perlu di-back up oleh pemerintah pusat, pelabuhan, airport" tutur Presiden. 

Dalam kunjungannya tersebut diharapkan ada kerjasama pemerintahan daerah Maluku beserta Gubernur dalam pembangunan kota ini. Kota Sofifi di Provinsi Maluku Utara diperikirankan akan menjadi pusat pertumbuhan baru di masa yang akan datang. 
Dalam Kunjungannya tersebut Presiden Joko Widodo mengatakan, Kota Sofifi di Provinsi Maluku Utara akan menjadi pusat pertumbuhan baru di masa yang akan datang. Untuk itu Presiden Jokowi akan membangun infrastruktur pelabuhan dan juga Bandar Udara. 


Saat ini perekonomian Propinsi Maluku Utara pada triwulan II 2022 tumbuh sebesar 27,74%. Dalam periode ini Maluku Utara menjadi propinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia dan disusul dengan Papua di posisi kedua dan Sulawesi Tengah pada urutan ketiga. Dalam kunjungan presiden di kota Sofifi ini diharapkan membawa pendapatan ekonomi baru di kawasan itu.