Siapa Sangka 6 Kota Ini Banyak Mengira dan Lebih Dikenal Dibandingkan Ibukota Provinsinya

Kota Batam
Kepulauan Riau Ibukotanya adalah Tanjung Pinang, namun siapa sangka Kota Batam lebih terkenal dibandingkan ibukotanya. Tanjungpinang dipilih sebagai ibu kota Propinsi Kepulauan Riau karena memiliki nilai historis yang kuat yaitu sebagai pusat pemerintahan Kesultanan Riau Lingga yang berpusat di pulau Penyengat.

 Kota Batam Lebih dikenal luas bagi masyarakat Indonesia maupun di luar negeri dikarenakan posisinya sangat dekat dengan Singapura dan Malaysia. Kota Batam juga dijuluki sebagai singapuranya Indonesia, baik dari segi ekonomi dan tata kota, Kota Batam jauh lebih Maju dibandingkan Ibukota propinsinya.

Kota Tangerang
Sebagaimana diketahui bersama, Propinsi Banten adalah ibukotanya Serang, namun tidak dipungkiri masyarakat Indonesia lebih mengenal kota Tangerang dibandingkan ibukota dari Banten yaitu Serang.  Hal ini terjadi karena Kota Tangerang adalah bagian dari metropolitan Jakarta Raya, Kota Penyangga Ibukota negara. 

Dibandingkan jumlah penduduk dan jumlah pendapatan, kota Tangerang masih menduduki paling tinggi dibandingkan dengan kota Serang.
Kota Serang dibentuk karena Provinsi Banten memiliki kesultanan Banten dan berpusat di Serang.

Kota Tarakan
Kota Tarakan bagi masyarakat di luar pulau Kalimantan masih terdengar asing, akan tetapi kota Tarakan sudah sangat familiar bagi orang Kalimantan terkhusus Kalimantan Utara. Kota Tarakan lebih terkenal dibandingkan dengan kota Tanjungselor sebagai ibukota dari provinsi Kalimantan Utara ini. Hal ini terjadi dikarenakan dalam sejarah perjalanan Indonesia diawal kemerdekaan kopta Tarakan lebih sering disebut. 

Selain itu, pemekaran beberapa kota dan kabupaten di lingkungan propinsi Kalimantan Timur yang membentuk propinsi baru yaitu Kalimantan Utara. Sebagian masyarakat Indonesia belum mengenal bahwa propinsi baru ini memiliki ibukota di kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Kota Ternate
Kota Ternate masih kental dikenal dari Ibukota dari Maluku Utara, nmun kenyataannya bahwasanya secara de jure bukan lagi Ternate, namun berada di kota Sofifi. Secara administrasi Kota ini masih berada dalam kelurahan Sofifi, Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan. Kota Ternnate lebih dikenal dan juga lebih populer dibandingkan dengan ibukota Sofifi.

Kota Banjarmasin
Kota BAnjarmasin jauh lebih populer dibandingkan ibukota Provinsi KAlimantan Selatan saat ini, yaitu kota Banjarbaru. Terbentuknya propinsi Kalimantan Selatan hingga tahun 2022. Kota Banjarmasin menjadi pusat ekonomi dan pusat pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan. 

Sejak Maret tahun 2022 pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengumumkan perpindahan Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ke kota BAnjarbaru. Kebanyakan masyarakat Indonesia mengangap bahwa Propinsi Kalimantan Selatan masih Banjarmasin. Walaupun statusnya sudah berpindah ibukota namun Kota Banjarmasin masih tetap populer di Provinsi maupun di pulau Kalimantan.