Apa itu Presidensi G20 Indonesia Bagi Kaum Muda ? Sepenting Apasih Buat Kemajuan Negara Indonesia ? Simak Lengkapnya


Forum G20 menjadi ajang yang baik untuk menunjukkan prestasi generasi  muda khususnya di Indonesia. Generasi muda memiliki peran penting dalam membuat perubahan ke depan yang lebih baik lagi, salah satunya melalui perhelatan Presidensi G20 untuk mendukung pemulihan berkelanjutan.

Pada Pesidensi G20 Indonesia yang dilaksankan tahu inu, terdapat beberapa engagement group Y20 yang melibatkan diantaranya adalah para praktisi, pelajar, komunitas, dan dari beberapa non organisasi pemerintah untuk memberikan ide dan juga visi kepada para Kepala Negara dan juga Pemerintah G20. 

Dengan terus meningkatkan ketrampilan hard skill serta soft skill, diharapkan generasi muda dengan adanya kegiatan Presidensi G20 menyelesaikan setiap tantangan yang ada melalui inisiatif dan kolaborasi antar generasi yang efektif untuk mendorong pembangunan dan kemajuan dunia, dimulai dari negara-negara G20. 

Mengapa Generasi Muda Perlu Mengikuti Forum G20 ?  

Dikarenakan generasi muda perlu aktif mengikuti perjalanan Presidensi G20 karena didalamnya membahasa tentang isu-isu strategis yang kedepannya akan disahkan dalam benuk kebijakan di masing-masing negara anggota G20.

Sejumlah topik yang ada dalam pembahasan dengan generasi muda yang akan dibahas di dalam G20 dalam bentuk kelompok kerja yang melibatkan pemerintah, pebisnis masyarakat termasuk UMKM hingga masayarakat, 

Perubahan Iklim 

Perubahan yang kerap terjadi seperti pemanasan global juga dibahas disini

Transformasi Ekonomi Digital 

Perkembangan ekonomi digital era kini sudah berbasis online. Dimulai dari erdagangan jasa dan transaksi produsen dan juga konsumen sudah melalui online. Adanya perubahan ini menjadi pemicu pentingnya pembahasan mengenai perubahan Ekonomi Digital.

UMKM 

Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah juga berdampak kepada kemajuan negara. Perkembangan terakhir jumlah UMKM di Indonesia per Juni 2022 sudah mencapai 19,5 juta pelaku UMKM atau sebesar 30,4 persen dari total UMKM sudah berbasis digital dan online dan juga pada platform e-comerce. 

Kesehatan 

Presidensi G20 tidak membahas ekonomi semata, akan tetapi juga membahasa akan kesehatan dan dampak bagi lingkungan. Covid-19 baru selesai dihadapi oleh beberapa di dunia termasuk Indoneia. Hal ini menjadi point penting bahwa kesehatan termasuk yang perlu di diskusikan dalam acara ini.

Ketenagakerjaan, Permberdayaan Perempuan dan juga Parawisata

Masih menjadi PR pemerintah mengenai jumlah pengangguran di Indonesia yang semakin hari jumlah semkain tinggi. Diikuti dengan jumlah perempuan yang produktif di Indonesia yang tergolong tinggi juga menyumbang pengangguran. 

Hal ini ini menjadi PR pemerintah yang harusnya dikerjakan sedini mungkin aturan dan juga pelaksanaannya. Parawisata juga masih banyak kendala yang dinilai. Beberapa daerah seperti Bali dan NTT yang selama ini Paawisatanya termasuk bagus. Namun diluar itu masih perlu ditingkatkan kualitas dan juga akses ke area.