Prinsip Penting Pencaker Dalam Mencari Kerja Buat kamu Khusus Lulusan Sarjana

Sebagai negara berkembang juga perlu memperhatikan perkembangan pendidikan terutama pemerintah dan dibarengi pihak swasta, saat ini Indonesia telah banyak melahirkan sarjana muda dari berbagai daerah, hal ini patut kita banggakan Karena sistem pendidikan kita sudah mulai tercover di seluruh pelosok tanah air. 

Tidak kecil kemungkinan bahwa lulusan sarjana saat ini banyak yang menganggur atau juga bekerja diluar background pendidikan. Hal ini tugas pemerintah dan pencipta lapangan kerja harusnya tidak ada ketimpangan. Berikut prinsip yang seharusnya kamu pegang teguh saat belum menemukan jodoh kerjamu. 

Jangan Pernah Berpikiran Pendek 
Dengan artian Berpikirlah untuk  masa depan. Waktu kuliah itu sangatlah singkat, waktu setelah kuliah itu yang akan lama. Pikirkan apa yang harus kamu investasikan untuk menghadapi waktu setelah kuliah. Selain dari jurusan yang kamu tekuni, bisa juga juga mencari ilmu-ilmu baru di luar kampus seperti seminar yang seringkali diadakan di kampus maupun di luar kampus yang biasanya di sediakan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Kamu bisa mengikutinya selain dapat sertifikat dan pengalaman juga mendapatkan ilmu baru dan menambah skill kamu 

Pendidikan di Indonesia masih mengedepankan nilai akademis dan IQ. 
Beberapa kota maju di Eropa dan juga Asia, nilai akademis itu tidak begitu diprioritaskan dalam mencari kerja bahkan dianggap tidak begitu berpengaruh. Hal inilah yang menjadi pusat perhatian bagi pencari kerja dan juga qPadahal dalam pekerjaan juga dibutuhkan faktor lain seperti EQ, asah EQ kamu dengan ikut internship, organisasi internal dan external atau bahkan part time.

Mengambil Ketrampilan Untuk Upgrade Kepribadianmu
Meningkatkan skill yang kamu punya saat ini sangatlah penting, selain skill yang sudah anda merasa bagus atau mahir bisa ditambah dengan skill yang baru. Ilmu baru yang mungkin belum anda sukai cobalah untuk menyukainya, suatu saat skill tersebut akan digunakan. Misalnya kamu adalah seorang Sarjana Ekonomi tidak melulu soal ekonomi yang bisa kamu tekuni. Belajar hal baru seperti Digital Marketing ataupun Teknologi IT yang sangat dibutuhkan era saat ini bisa juga anda pelajari. Mungkin terlihat sepele, namun kalian harus pahan bahwa kursus dan pengembangan diri itu sangat penting. Ikuti kursus yang related sama karir kamu kedepan. Kalau kamu ingin kerja di Multinational Company, ambil kursus bahasa asing.

Buat Career path semasa kuliah; ingin kerja bidang apa? Dimana? Posisi apa? Skills apa yang dibutuhkan? Apa yang harus ditingkatkan dari diri? Bagaimana cara meningkatkan skills? Time plan. Buat sedetail mungkin. Contoh career path ada di instagram saya.

Time Management dan Disiplin.
Latih manajemen waktu dengan baik, mulailah kuliah dengan rajin, kerjakan tugas dengan tepat waktu dan disiplin terhadap diri sendiri. Kebiasaan ini akan berdampak pada saat mencari kerja.

Investasi diri. 
Buat kegiatan positif untuk upgrade diri seperti; investasi waktu lebih banyak untuk menjalin relasi masa depan, membaca buku dan beberapa kegiatan positif lain.
Kurangi kebiasaan buruk, tidak bermanfaat serta berlebihan seperti nongkrong berlebihan, main games berlebihan atau pacaran berlebihan. Sibukkan diri dengan kebiasaan baik.

Good Grooming
Biasakan berpenampilan rapi, wangi, ramah. Jaga penampilan dengan baik agar menjadi sebuah kebiasaan. Dalam pekerjaan, bukanlah fisik cantik atau tampan yang diutamakan, namun Good grooming paling dikedepankan, yaitu bagaimana penampilanmu mulai dari busana, sikap, body language dan cara berkomunikasi. Stay Hungry, stay foolish. Tetaplah lapar, rendah hati dan jangan merasa sebagai orang paling pintar sehingga kamu akan terus menerus belajar dan tidak berhenti untuk upgrade diri.