Pertamina sebagai bagian dari Task Force Energi, Sustainability and Climate of Bussines 20

Pertamina sebagai bagian dari Task Force Energi, Sustainability and Climate of Bussines 20 atau disebut dengan B20 terus mendorong rekomendasi kebijakan dan 14 rekomendasi tindakan untuk bisa ditindaklanjuti pada Presidensi G20. 

Ketiga rekomendasi kebijakan ini antara lain : 
1. Meningkatkan kerjasama global dalam mempercepat transisi ke penggunaan energi yang berkelanjutan dengan mengurangi intensitas korban dari penggunaan energi melalui berbagai jalur

2. Meningkatkan kerjasama global untuk memastikan transisi yang adil, teratur dan terjangkau menuju penggunaan energi yang berkelanjutan di seluruh negara maju maupun di negara berkembang termasuk Indonesia

3. Meningkatkan kerjasama global dalam meningkatkan keamanan energi tingkat konsumen dengan meningkatkan aksesibilitas dan kemampuan untuk mengkonsumsi yang bersih dan modern

Hal ini untuk mewujudkan peningkatan di seluruh area perekonomian. Secara berkala perlahan-lahan akan mengurangi emisi karbon dari energi listrik tenaga batubara.

Sehingga diharapkan percepatan pengembangan pembangkit tenaga listrik yang terbarukan. Juga mendukung pembentukan platform pembiayaan transisi energi global untuk menyalurkan pembiayaan ke negara-negara berkembang. 

Mendukung pengembangan taksonomi yang diakui secara global untuk penilaian proyek berkelanjutan dan juga standar pelaporan berkelanjutan.

Serta mendukung inovasi teknologi iklim dengan mendukung start up dan universitas Riset dan Teknologi pembiayaan keterampilan tenaga kerja berbagai pengetahuan. Memastikan transisi yang teratur dari sumber energi primer.

Memastikan dasar transisi yang luas dengan mengatasi hambatan keterjangkauan di negara-negara berkembang. Memastikan para pengusaha UMKM dalam kegiatan transisi energi melalui pembiayaan dan peningkatan kapasitas.

Membantu kesiapan transisi dengan memastikan kemampuan Sumberdaya manusia untuk mengakomodasi perubahan terhadap transfer pengetahuan peningkatan pengetahuan dan juga lokakarya. Mempercepat penyebaran solusi energi terdesentralisasi termasuk elektrifikasi terhadap masyarakat demi meningkatkan ketahanan energi dan kemakmuran ekonomi.

Meningkatkan bahan bakar alternatif untuk sektor yang sulit dikurangi dan pembangkit berbasis gas dekarbonasi. Memfasilitasi adopsi teknologi yang efesien oleh rumah tangga untuk mengkonsumsi energi yang bersih dan berkelanjutan. 
Memfasilitasi adopsi teknologi yang efektif dan efisien bagi para UMKM untuk mengkonsumsi energi yang bersih dan modern.