Pada dasarnya seorang pemimpin atau seorang leader itu semuanya berproses. Bagaimana Menjadi Seorang Leader ?


Pertanyaan ini adalah yang sering diajukan kepada setiap orang sewaktu mengisi kelas training leadership untuk para Manager di perusahaan. Contoh pertanyaan sederhananya adalah "Bagaimana cara kita mencapai posisi seorang yang bisa menjadi pemimpin? 

Pada dasarnya seorang pemimpin atau seorang leader itu semuanya berproses. Leader yang matang adalah seorang pemimpin yang mampu menjembatani diskusi, kesulitan serta solusi antara bawahan dan atasan. Semua berproses dari A-Z termasuk problem solved. 

Pada era saat ini skill dan kompetensi adalah hal yang harus dibenahi supaya jenjang karir bisa sukses. Ada beberapa hal kompetensi dan skills yang perlu kita miliki, namun ada tiga core skills yang harus kalian miliki jika ingin sukses yaitu skills managing, skills communications dan skills positive attitude". 

"Tiga skills utama yang akan menghantarkan kita pada pintu karir terbaik. Kalau kalian punya ketiganya, dipastikan anda masuk dalam kategori karir terbaik.  Dalam karir, banyak sekali kompetensi dan skills yang harus dimiliki. Perpaduan kompetensi dan skills saya sebut dengan 'Values'. Values ini berharga sangat mahal, bahkan saking mahalnya, perusahaan besar mencari values pada diri kandidat. Semakin tinggi values, semakin mahal compensation and benefit yang akan kalian dapatkan.

Mengapa 3 skills diatas adalah skills utama yang harus dimiliki dalam pencapaian karir?
Penjelasan lengkapnya adalah: 

1. Skills Managing

Managing berarti mengatur. Mengatur waktu, mengatur diri sendiri, mengatur kerjasama tim dan pengaturan efektif lainnya. Dalam masa digital seperti ini, diperlukan kemampuan pengaturan yang baik. Multitasking salah satunya, pengaturan agar dapat bekerja secara multitasking juga masuk kedalam skills managing. Jaman pandemi seperti ini ditambah gempuran social media, memerlukan pengaturan waktu dan pengaturan upgrade diri dengan baik. Jangan sampai terlalu banyak menghabiskan waktu justru pada hal-hal yang tidak penting. Fokus pada tugas penting.

2. Skills Communication

Tidak dipungkiri bahwa komunikasi merupakan salah satu skills utama manusia. Memiliki kemampuan komunikasi bukan berarti harus pintar berbicara didepan umum atau berorasi didepan publik, namun skills communications lebih kearah mampu untuk berkomunikasi secara efektif. Memahami pentingnya sebuah input dan output dari proses komunikasi. Komunikasi merupakan dasar keahlian manusia untuk memberikan pemikiran, insight serta gagasan. Memiliki kemampuan komunikasi efektif mampu membuat karir kamu menanjak.

3. Skills Positive Attitude

Terakhir, ini adalah skills yang juga sangat penting. Berpikiran positif mampu untuk meningkatkan karirmu. Hal mendasar yang perlu ditanamkan dalam memupuk positive attitude adalah berusaha untuk selalu positif thinking atau berpikir positif. Karena apa yang kita pikirkan akan mempengaruhi keseluruhan diri kita, termasuk dengan tindakan yang akan kita lakukan. Positive attitude juga dibangun dari cara kita memperlakukan diri sendiri dan orang lain, bersifat empati, menghargai dan memberikan penghormatan akan achievement atau pencapaian orang lain.

Sebenarnya masih banyak sekali skills dan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pekerja untuk mencapai karir terbaik. Namun, usahakan ketiga hal diatas sudah kamu terapkan dan ada dalam diri kamu. Saya sudah membuktikan sendiri bahwa hal-hal diatas sangat membantu dalam pencapaian. 

Bagi kamu yang ingin lebih banyak mengetahui dunia karir dan personal development, artikel-artikel yang ditulis juga di bisa dicari referensi pada media sosial seperti Intagram, YouTube ataupun TikTok yang saat ini sebagai media sosial yang kerap kali dipakai untuk mencari ilmu.