Logo Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia resmi dirilis.


Penggunaan logo yang benar adalah harus selalu ditampilkan dengan tepat dan konsisten baik orientasi, warna, dan komposisi harus mengikuti aturan pedoman logo, tanpa pengecualian. Dengan acuan ini segala logo dan karakter visual yang ditampilkan akan terjaga visibilitas dan konsistensinya. 

Setiap Ulang Tahun kemerdekaan Indonesia selalu memiliki logo yang berbeda simbol dan artinya. Pada aturan penggunaan logo hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-77 diatur dalam buku pedoman logo yang telah dirilis oleh Kementerian Sektetariat Negara Republik Indonesia. Hal ini bertujuan agar logo tidak disalahgunakan dan menjadi perbedaan makna dan artinya. 


Logo Hari Ulang Tahun ke -77 Indonesia dengan mengambil tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Dengan maksud bahwasannya karakter visual logo Hari Kemerdekaan RI ke-77 ini mencerminkan rasa yang optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lowongan lugas dalam menghadapi tantangan global. Hal ini mewujudkan harapan untuk maju bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju. 

Logo Hari Kemerdekaan RI ke-77 merupakan sebuah refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam mewujudkan harapan untuk bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju. 

Adapun filosofi yang terkandung dalam logo 7 filosofi dalam 77

1. Percepatan dan Pergerakan

Bentuk dari angka 77 membentuk 2 panah menghadap keatas. Artinya gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

2. Progres dan Pembangunan

Pada 2 garis membentuk tangga yang menghadap keatas mengartikan segala pembangunan di setiap sektor Indonesia secara merata. 

3. Demokrasi dan Keterbukaan

Bagian atas yang terpotong mengartikan keterbukaan Bangsa Indonesia di tingkat global untuk bergerak secara bebas dan aktif bersama dalam pemulihan ekonomi dunia.

4. Semangat Juang dan Garuda Pancasila

Garis miring dan sudut yang runcing terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila mengartikan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh

5. Sinergi dan Harapan

Dua garis melengkung mengartikan sinergi pemerintah dan masyarakat Indonesia bergotong royong bergerak dalam bidang secara di fleksibel dan dinamis dalam satu arah. 

6. Penghubung antar bangsa 

Sudut penghubung mengartikan peran Indonesia dalam forum G20 dalam mempersatukan negara maju untuk menyelesaikan konflik berbagai isu dan tantangan yang telah dihadapi olea dunia saat ini.

7. Persatuan Indonesia

Siluet angka 1 mengartikan semangat persatuan bhinneka tunggal ika sebagai simbol semboyan bangsa Indonesia.