Era Infustri 4.0 Society 5.0 buat Anda Wajib Tahu Nih 10 Rumus Excel yang Wajib Dikuasai

Masih ingatkan pelajaran excel saat di bangku sekolah maupun saat di perkuliahan ? tahukah kamu bahwasanya dalam dunia pekerjaan  mikrosoft excel dari segitu banyaknya sofware adalah salah satu yang terpenting untuk diketahui. Maka dari itu kemampuan belajar excel adalah suatu hal dasar yang perlu anda tahu ketika memasuki dunia kerja. Berikut ini adalah 10 rumus excel yang sering digunakan dalam dunia kerja.

Concatenate
Rumus ini digunakan untuk menggabungkan beberapa teks, cell dan juga angka, menjadi satu kesatuan. Contohnya adalah Penggabungan cell A1 dengan kolom B dan dipisahkan dengan tanda spasi. karena cell A1 bersifat semi absolut pada barisnya, referensi cell menjadi A$1. Kemudian dapat dibuat rumus spasi (" ").

Vlokup
Rumus ini digunakan untuk melihat data secara vertikal atau data diurutkan secara vertikal. Dengan menambah nilai dari suatu table_array dimana data range referensi terletak di kolom pertama. Contoh dalam penggunaannya adalah : Sebuah kantor perusahaan ini membuat daftar hadiah untuk pelanggan berdasarkan statusnya.

Hlookup 
Rumus ini digunakan untuk melihat data secara horizontal (data diurutkan secara horizontal) dengan memgambil nilai dari suatu tabel_array. Dimana data range referensi terletak di barisan pertama. Contoh dalam pengaplikasiannya adalah sebuah perusahaan ingin membuat daftar atau tabel harga berdasarkan jenis grade setiap para pelanggan coatumernya.

IF 
Rumus ini digunakan untuk membandingkan dua kondisi atau lebih dan mengembalikan suatu nilai yang akan ditampilkan pada cell. Jika kondisi tertentu terpenuhi,  evaluasi ujinlogika benar dan jika kondisi ini tidak terpenuhi, evaluasi kondisi ini  logika salah. Contoh dalam pengakplikasinyannya adalah menggunakan grade menggunakan rumus   IF.

SUM 
Rumus ini digunakan untuk melakukan penjumlahan data pada beberapa data cell yang ditentukan. Juga berfungsi untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range tertentu. Contohnya adalah ketika suatu perusahaan ingin mencari nilai rata-rata yang diperoleh oleh karyawannya.

Everage
Rumus ini digunakan untuk melakukan mencari nilai rata2 suatu range terntentu. Juga berfungsi untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range tertentu. Contohnya adalah ketika suatu perusahaan ingin mencari nilai rata-rata yang diperoleh oleh karyawannya.

Max & Min 
Rumus ini digunakan untuk mencari nilai terendah dan tertinggi dari suatu nilai. Contohnya ketika kantor perusahaan mencari hasil tertinggi dan terendah pencapaian karyawannya.

Left, Right dan MID 
Rumus ini digunakan untuk mengambil beberapa karakter baik dari kiri dan kanan maupun tengah. Contohnya ingin mengambil data pelajar dari teks mempelajari. Sehingga string yang ditampilkan adalah pelajar.

Value  
Rumus ini digunakan untuk mengkonversi data teks menjadi numerik menjadi data angka, tanggal, dan waktu. Contohnya ingin mengetik data angka 1000 maka rumusnya adalah =value1000.