Jepang Maju Karena Apa ? 5 Prinsip Dasar Dalam Budaya Kerja Jepang


Banyak hal yang terkenal dari negara Jepang, dari kulinernya yang unik, semangat kerja yang tinggi, dan juga penduduknya yang ramah. Negara tirai bambu ini juga terkenal akan etos kerja yang tinggi. Setidaknya ada 5 Prinsip budaya Jepang yang sudah Familiar. 

1. Kaizen
Kaizen dalam bahasa Jepang mengartikan perbaikan cepat secara terus menerus untuk lebih baik dari sebelumnya. Proses berubah dari sebelumnya secara perlahan kearah yang lebih baik. 

2. Bushido
Bushido adalah sebuah kode etik kesatriaan golongan. Samurai dalam prinsip feodalisme Jepang yang berasal dari nilai-nilai moral samurai, sering menekankan beberapa kombinasi dari kesederhanaan, kesetiaan, penguasaan seni bela diri dan kehormatan sampai mati.

3. Ganbate
Ganbatte adalah sebuah ungkapan yang mengandung banyak makna bagi bangsa Jepang yang mengandung unsur motivasi dan semangat untuk terus berubah dan berjuang dan pantang menyerah. Juga kombinasi dari kesederhanaan, kesetiaan, penguasaan seni bela diri, dan kehormatan sampai mati.

4. Ganbatte
Ganbatte adalah sebuah ungkapan yang mengandung banyak makna bagi bangsa Jepang yang mengandung unsur motivasi dan semangat untuk terus berjuang dan pantang menyerah.  kreatif, inovatif dan produktif yang lewat prinsip ini, orang Jepang tidak takut untuk berkarya secara kreatif dan melakukan inovasi-inovasi yang berbeda.

5. Ikigai
Ikigai adalah istilah dari Jepang untuk menjelaskan kesenangan dan makna kehidupan yang secara harfiah berasal dari kata "Iki" yang artinya kehidupan dan "gai" yang berarti nilai, sehingga Ikigai dapat diartikan sebagai alasan kita hidup, menjalani hidup mulai bangun pagi.