Google Rilis 6 Fitur Baru untuk Android, Salahsatunya Adalah Pendeteksi Gempa

Kabar baik datang dari sang raksasa internet Google, Google selalu ada perkembangan mengenai fiturnya, pada awal Juni lalu Google mengumumkan sejumlah peningkatan untuk platform Android. Raksasa internet itu mengatakan bahwasanya bakal ada sistem pendeteksi gempa bumi (Android Earthquake Alerth System) akan disebar di berbagai belahan dunia. 

Google memperkenalkan serangkaian fitur baru untuk Android di ponsel.

1. Android Earthquake Alerth System
Android Earthquake Alerth System merupakan sistem yang bisa mendeteksi kehadiran gempa pada ponsel android, dengan mengirimkan peringatan ke pengguna lewat notifikasi ponsel yang ada. 
Dengan penambahan dukungan accelerometer, nantinya ponsel android dapat berfungsi sebagai "Seismometer genggam" untuk mendeteksi tanda-tanda ada kehadiran gempa bumi di area. 
 Dengan mengetik kata kunci Earthquake pada Google search maka akan memunculkan informasi terkait area pengguna.

Marc Stogaitis seorang Android Software Engineer Google mengatakan "Ponsel android dapat berperan sebagai seismograf mini dengan jutaan ponsel android lainnya. 

Saat ini Android Earthquake Alerth System baru tersedia di Selandia Baru, Uzbekistan, Turkmenistan, Tajikistan,Republik Kirgistan, Kazakhstan, Filipina, Turki, dan Yunani.

2. Starred Messages
Lewat fitur ini, para pengguna aplikasi message bisa memberikan bintang pesan SMS tertentu termasuk foto untuk membacanya di kemudian waktu. Dengan begitu, penguna ponsel bisa melihat di lain hari.
Cara menggunakan fitur ini cukup muda dilakukan. Pengguna cukup tekan lama pesan yang ingin dibintangi dan ada notif bintang dan tekan bintang tersebut, dan fitur ini akan segera diluncurkan.

3. Emoji Kitchen
Pengguna aplikasi keyboard Gboard kini memiliki lebih banyak pilihan emoji wajah tambahan baru. Emoji ini masing-masing ekspresi wajah akan variasi baru dengan emoji lain dan bentuknya stiker.

4. Mengakses fungsi di aplikasi lewat suara
Pengguna dapat memanfaatkan asisten digital untuk mengakses sejumlah fungsi aplikasi hanya lewat suara. Misalnya pengguna mengucapkan "Oke Google, bayar belanja tagihan belanja di Tabungan saya". Nantinya, Google akan langsung menampilkan aplikasi yang bersangkutan dan menyelesaikan tugas sesuai perintah yang disuarakan. 

5. Menjalankan perintah lewat Voice Acces
Voice acces kini bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai hal, salah satunya yaitu mengendalikan perangkat lewat suara. Fitur ini dapat membantu para penyandang disabilitas. Lewat voice acces ini, pengguna android dapat menjalankan aneka perintah suara untuk membuka menu pada ponsel, tanpa harus menyentuh layah handphone. .

6. Kemampuan baru di Android Auto
Di Android Auto, kini pengguna Android juga bisa mempersonalisasi tampilan launcher screen langsung dari handphone dan mengatur mode gelap secara manual. 
Pengguna juga bisa mengakses aplikasi perpesanan seperti WhatsApp secara langsung lewat head unit yang telah terpasang di dalam mobil.

Fungsi dari Fitur android ini sudah terintegrasi di OS Android 6 keatas. Para pengguna bisa langsung mengakses dan menghubungkan ke head unit atau pada bagian konsol mobil yang mendukung android auto untuk menjalankan fungsinya