TREN INVESTASI ESG, SEMAKIN DIMINATI, APAKAH ANDA SUDAH TAHU BELUM ?


Apakah anda sudah pernah mendengar istilah ESG? ESG atau singkatan dari Enviroment Social dan Goverment yang lahir dari kesadaran para investor akan pentinganya bisnis yang berkelanjutan. 

Hal ini mendorong beberapa perusahaan untuk menempatkan ESG sebagai bagian yang penting dari keputusan finansial jangka panjang. Lebih singkatnya ESG berkaitan dengan semua aktivitas operasional perusahaan dn menegaskan pentingnya aspek berkelanjutan pada segala aktivitas bisnis perusahaan. 

Di Indonesia ada satu perusahaan yang memberikan perhatian serius lho terkait aspek berkelanjutan dan ESG.

Tren investasi di perusahaan yang peduli terhadap lingkungan atau  Green Investing  saat ini sedang menjadi perbincangan hangat di dunia investasi. Secara singkat ada indikator yang dapat menentukan suatu perusahaan itu adalah perusahaan yang peduli terhadap lingkungan yaitu ESC. 

ENVIROMENTAL
Bagaimana suatu institusi memposisikan diri meminimalisir dampak lingkungan bagi masa depan hewan, tumbuh-tumbuhan, alam dan perubahan iklim

GOVERNANCE
Artinya adalah Transparan dan Berakuntibilitas dalam menjalankan perusahaan yang sesuai dengan prinsip dan tata kelola yang baik.

SOCIAL
Bermanfaat bagi kesejahteraan komunitas sekitar dan lingkungan kerja. 

Fokus investor global pada perusahaan ESG pun dalam beberapa tahun ini terus mengalami perkembangan. Hal ini terbukti dari semakin tingginya total pendanaan yang mengalir ke pendanaan yang berfokus pada perusahaan ESG skala global. Pada tahun 2019 sebanyak US$285 Miliar, pada tahun 2020 US$542 Miliar, dan pada tahun 2021 US$649 Miliar. 

Tren kenaikan ESG ini dalam beberapa tahun kebelakang in juga diamini oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keungan (OJK) oleh Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi menilai  tren ESG tidak hanya terjadi di dunia internasional dan negara maju, tapi juga di Indonesia.

Otoritas Jasa Keuangan juga menilai penerapan ESG di pasar modal sangat penting karena akan memberikan nilai positif bagi emiten dan pasar keuangan Indonesia.


Salah satu perusahaan yang memberikan perhatian ke ESG ini adalah PT Telkom Indonesia Tbk. Sebagai perusahaan teknologi telekomunikasi nomor satu di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. mempunyai berbagai emplementasi berkelanjutan yang diterapkan dalam sejumlah inisiatif. 

Sustainable in Busines and Use of Technology
Enviromental
Telkom dan anak perusahaan berupaya mengelola dampak dari proses bisnis sampai produk akhir, seperti konsumsi energi, pengurangan emisi karbon, dan limbah elektronik yang dihasilkan dengan penggunaaan teknologi yang ramah lingkungan.

Protection of Data and Information 
Social
Telkom dan anak perusahaan berkomitment menjaga kerahasiaan dan keamanan data pelanggan, termasuk menghindari pelanggaran kerahasiaan dari penyalahgunaan data penyadapan ilegal serta mendukung program ISO karena telah menerapkan sistem manajemen anti penyuapan.

Digital Economy and Social Value 
Social 
Telkom dan anak perusahaan turut membangun dan mengembangkan perekonomian secara berkelanjutan di era digital 

Management Anti Penyuapan
Governance
Telkom bersama dan anak perusahaan mempunyai sistem manajemen Anti Penyuapan dengan Bispro berbasis digital