Polemik Alpha JWC Ventures Suntik Dana Rp71 Miliar ke Starup Anak Jokowi

Bisnis anak Presiden Joko Widodo kembali menjadi perbincangan publik, setelah mendapat suntikan modal senilai Rp 71 miliar oleh perusahaan modal Ventura Alpha JWC Ventures.

Perusahaan tersebut adalah yang bernama Goola, Starup minuman yang didirikan pada tahun 2018 oleh Gibran Rakabuming, anak presiden Joko Widodo sekaligus Walikota Solo saat ini. Goola menyajikan minuman tradisional seperti es kacang hijau dan es doger.

Menurut pantauan bisnis, selain Goola, Mangkokku, startup yang didirikan Gibran Rakabuming, Kaesang Pengarep dan Arnold Purnomo, berhasil meraih pendanaan tahap awal hingga sejumlah 28.3 miliar rupiah. Mitra alpha JWC Eko Kurniadi mengatakan, pendanaan tersebut dilakukan karena sektor menarik yang dapat memperoleh manfaat dari pemberdayaan teknologi dan investasi.

Namun, meski wajar dalam dunia bisnis, peneliti ekonomi digital Institute for Depelopment of Economycs and Finance Nailul Huda menyebut, akar persoalan yang menyangkut Gibran dan Kaesang. Begitu pula VC bebas mendapatkan dana darimanapun. Dia melanjutkan yang menjadi masalah adalah sumber dana dari para pemodal ventura. 

Dana yang disalurkan VC diduga memiliki motif lain diluar ekonomi. Untuk itu Huda menyampaikan, untuk membuktikan tuduhan adanya gratifikasi dan pencucian uang perlu dilakukan pemeriksaan terhadap sumber dana tersebut. 

Perlu dilihat kondisi starupnya, memang layak terbukti menguntungkan setelah didanai atau justru merugi.