Jangan Sembarang, NFT yang Diunggah Tak Bisa Dihapus



Fenomena FNT menemukan pasarnya akhir-akhir ini karena naiknya harga jual belikarya digital. Bisnis berbasis teknologi blockchain inipun menjadi harapan bagi beberapa orang yangmenginginkan karyanya dikenal dan diapresiasi lebih luas .

Dalam situs jual beli NFT, karya yang diunggah memiliki harga yang lebih tinggi. Setiap karya yang dijual dalam situs jual belu NFT dalam bentuk digital yang dikenal dengan nama Etherium. Per 0,00010 Ethereumnya, memiliki harga sekitar Rp47.700.

Namun sebelum terjun dalam bisnis jual beli NFT, kita terlebih dahulu mempelajari dan mengenal kelebihan dan kekurangan aset digital ini.

Telah diketahu, NFT merupakan aset digital yang mewakili barangberharga seperti karya seni yang memiliki nilai yang tidak dapat diganti atau diitukarkan. NFT tidak dapat digandakan atau diganti sehingga hal yang bisa kamu lakukan adalah menjual atau membelinya.

Kepemilikan aset nantinya dapat diklaim dari token digital yang kamu miliki. Selain itu, NFT memiliki sifat tetap dan akan selalu meniggalkan jejak digital. Sehingga nantinya token NFT tak dapat diubah, dihapus dan diganti. NFT pun bersifat unik yang menjadikan barang yang dijual memiliki identitas khusus.


Disisi lain, ada pula bebrapa kekurangan NFT ini yaitu NFT dapat dicuri. Apabila marketplace tempat anda membeli tutup, tidak ada jaminan kalau aset dari NFT adalah aset digital. Kedua, aturan mengenai NFT belum ditetapkan dan tidak ramah pengguna. NFT juga belum termasuk kedalam kategori pasar spekulatif.