Dari Warga Kampung Miliarder Menyesal Jual Tanah ke Pertamina hingga Temukan Potensi Mineral di Lumpur Lapindo


Kandungan Logam Tanah Jarang yang telah ditemukan di Lumpur Lapindo belakangan ini makin banyak dibahas di berbagai forum, Alasannya karena LTJ dianggap salah satu mineral super langka yang sangat berharga.

Logam Tanah Jarang ini disebut-sebut lebih berharga dari logam emas dan platina karena dapat dimanfaatkan dalam pengembangan di berbagai sektor teknologi. Lithium dimanfaatkan bahan pembuatan baterai, terutama baterai mobil listrik. Di dunia saat ini sangat antusias dengan perkembangan kendaraan ramah lingkungan seperti yang sudah ada saat ini seperti mobil listrik.

Tidak hanya lithium, scandium juga memiliki potensi yang tak kalah besar. Salah satu penggunaan scandium yaitu sebagai bahan pembuatan lampu berteknologi tinggi, karena logam scandium memiliki daya tahan yang kuat, sehingga logamnya tidak meleleh meskipun lampu tersebut memiliki watt yang tinggi. Selain dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan lampu berteknologi yang tinggi, scandium juga banyak juga digunakan untuk semi konduktor.

Rare Merupakan golongan lantanida dan aktanida dalam rumus kimia sistem periodik dan sangat jarang ditemukan sebagai logam transisi. Logam sangat penting dan memiliki yang cukp tinggi digunakan untuk teknologi tinggi seperti campuran logam pada bidang metereologi.